GenPi Harus Punya Standard yang Sama untuk Destinasi Digital

0
283

SEMARANG, presidentpost.id – Generasi Pesona Indonesia (GenPI) diminta untuk memiliki standard yang sama dalam membangun Destinasi Digital. Karena dengan standard yang sama, maka akan lahir pasar dengan kualitas terbaik.

Hal itu ditegaskan Staff Khusus Menteri Pariwisata Bidang Komunikasi dan Media Don Kardono dalam acara pembukaan Training of Trainer (TOT) yang digelar di Hotel Aston Inn, Semarang, Sabtu (21/4).

Karena dengan standard yang sama, kita harus maju bersama dan juga serentak. Maka dari itu, TOT ini akan menjadi hal yang sangat penting. Semua perwakilan GenPi bisa mengexplore dan bertanya terhadap nara sumber-nara sumber yang kompeten di bidangnya,”ujar Don.

TOT akan menghasilkan tenaga-tenaga terlatih. Mereka akan dibagi menjadi 3 regional. Tenaga-tenaga inilah yang melatih para calon pengelola destinasi digital. Tenaga-tenaga terlatih ini diharapkan menjadi motor tumbuhnya destinasi digital baru.

TOT di Semarang adalah tindak lanjut dari Rakornas Pariwasata Digital Destination dan Nomadic Tourism, beberapa waktu lalu. Targetnya pembentukan 100 destinasi digital tahun 2018.

Nama-nama yang hadir ke TOT mewakili 3 regional. Yaitu regional 1 khusus area Sumatera. Ada juga regional 2 yang meliputi Pulau Jawa dan Kalimantan. Untuk regional 3 terdiri dari zona Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi, Maluku, hingga Papua. Don juga menambahkan, soliditas kemampuan dan kualitas SDM, harus berbanding lurus dengan jumlah pemenuhan target.

Seperti apa yang diungkapkan bapak Menteri Pariwisata Arief Yahya bahwa kita di TOT ini harus menghasilkan Commitment, Change Agent, dan Competence dalam menciptakan SDM GenPi untuk destinasi digital,”kata Don Kardono.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here