Kartini Produk Lokal 2018: Sri Wahyaningsih, Wanita Dibalik Sanggar Anak Alam Yogyakarta

0
389

JAKARTA, presidentpost.id – Ku Ka, marketplace produk lokal Indonesia tahun ini menggelar ajang Kartini Produk Lokal. Ajang ini dibuat atas dasar menyadari ada perjuangan besar yang dilakukan para pegiat produk lokal Indonesia untuk bertahan di tengah keberadaan pasar bebas dan keberadaan wanita-wanita kuat dibalik itu. Sri Wahyaningsih, wanita dibalik produk-produk berbahan dasar lokal dan ramah lingkungan Sedapur Salam, berhasil menyabet gerlar Kartini Produk Lokal 2018 versi Ku Ka, setelah memenangkan voting netizen di akun instagram @kuka_akusuka dan @kedaikuka. Sri Wahyaningsih berhasil memperoleh 356 suara dari total 1.029 suara yang masuk di kolom komen postingan Wanita Ku Ka.

Sri memberi tanggapan terkait gelar Kartini Produk Lokal 2018 yang didapatnya, “Terima Kasih atas apresiasinya. Tentu saya bangga dapat menjadi wanita yang menginspirasi, menggali dan menembangkan produk lokal untuk meningkatkan kesejahteraan kehidupan di lingkungan.”

Sedapur Salam berdiri sejak tahun 2004 sebagai alternatif sumber pendanaan Sanggar Anak Alam (SALAM) yang merupakan wadah pendidikan dasar tentang nilai-nilai kehidupan yang didirikan oleh Sri bersama sang suami di Bantul, Yogyakarta. Sebagai pasangan yang menaruh perhatian khusus dalam bidang pangan, kesehatan, lingkungan hidup, dan sosial budaya, Sri membuat sebuah program pemberdayaan ekonomi kreatif yang menghasilkan produk-produk berbahan lokal dan ramah lingkungan, sampo dan sabun adalah salah satu produk andalannya (https://www.kuka.co.id/sedapur-salam).

Ditanyakan tentang tantangan terbesarnya dalam menjalankan Sedapur Salam, Sri mengaku bahwa rasa percaya yang rendah terhadap produk lokal adalah salah “Masih banyak orang yg sulit percaya dengan produk lokal, mindsetnya terlanjur import lebih baik.” Tak jarang rasa ingin menyerah tersirat dibenaknya. “Pernah ingin menyerah, tapi yang saya tanam dibenak saya adalah yakin bisa menjadi tuan di negeri sendiri. Hidup di Indonesia, sebuah negara besar dan kaya, dengan ketekunan, dan konsisten untuk terus menerus menggali dan meningkatkan mutu produk pasti bisa berhasil melawan produk-produk luar serupa.”

Sri pun menitipkan pesan untuk wanita di seluruh Indonesia, “Tetaplah berkarya, dengan sepenuh hati, peduli dengan apa yang ada di sekitarnya dan pantang menyerah.”

“Untuk Ku Ka, Terima Kasih atas apresiasinya.” tutupnya.

Ku Ka berharap dapat terus menyelenggarakan Wanita Ku Ka sebagai ajang apresiasi terhadap wanita-wanita yang terus ikut berjuang membesarkan produk lokal Indonesia. “Produk Lokal tidak bisa berkembang hanya karena hitungan semata, tapi ada nilai-nilai cinta negara yang dimiliki setiap pegiat dan penikmatnya. Alangkah baiknya jika nilai-nilai ini bisa digaungkan oleh semua pihak.” ujar Titonius Karto selaku Founder & CEO Ku Ka Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here