MAKERFEST Jadikan Generasi Millennial Target Utama

0
357

JAKARTA, presidentpost.id – Anak muda menjadi target utama dalam gerakan independen untuk pemberdayaan kreator lokal MAKERFEST. Langkah ini juga mendorong pelaku bisnis kreatif Indonesia guna memperluas skala usahanya sehingga mampu memberikan dampak lebih besar terhadap lapangan pekerjaan dan kesejahteraan ekonomi serta mampu memberikan inspirasi kepada generasi muda lainnya.

“Lebih dari 30% pengusaha ekonomi kreatif di Indonesia adalah generasi milenial. Sebagai populasi terbesar, anak muda Indonesia masih memiliki potensi besar untuk turut mengembangkan ekonomi kreatif Indonesia,” kata Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf, Sabtu (21/4),seperti yang dikutip dari wartaekonomi.co.id.

Setelah diresmikan di Jakarta pada Maret lalu, Padang menjadi kota kedua yang disambangi MAKERFEST, sebuah gerakan independen untuk pemberdayaan kreator lokal.

“Melalui program seperti MAKERFEST, kami berharap ke depannya lebih banyak lagi pelaku bisnis kreatif Indonesia yang dapat memperluas skala usahanya sehingga mampu memberikan dampak lebih besar terhadap lapangan pekerjaan dan kesejahteraan ekonomi serta mampu memberikan inspirasi kepada generasi muda lainnya,” ungkap Triawan.

Sementara itu, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengungkapkan bahwa generasi muda merupakan aset penting dalam membangun masa depan Indonesia untuk menjadi negara industri tangguh, terutama karena pertumbuhan para kreator muda yang tersebar di berbagai daerah dapat mendukung percepatan pembangunan industri ke seluruh wilayah Indonesia.

“Saat ini sudah semakin banyak brand lokal hasil karya anak muda yang tidak kalah dengan brand internasional. Agar mampu menjadi produsen di era ekonomi digital, kita perlu memunculkan lebih banyak lagi kreator muda yang inovatif, berbasis teknologi dan berdaya saing global sehingga siap menghadapi era industri 4.0,” ucap Airlangga.

Salah satu kolaborator yang hadir berbagi pengalaman di MAKERFEST 2018 Padang adalah Founder Manual.co.id Hadi Ismanto. Manual.co.id adalah majalah online yang menyediakan kurasi informasi terkait gaya hidup di Jakarta, termasuk rekomendasi restoran, kafe, serta tempat perbelanjaan terbaik untuk dikunjungi.

“Indonesia masih membutuhkan lebih banyak lagi sosok entrepreneur muda inspiratif yang mampu menjadi teladan bagi anak muda agar berani memulai dan mengembangkan ide bisnisnya,” tuturnya.

Hadi pun berharap melalui MAKERFEST, semakin banyak generasi muda Indonesia yang terdorong untuk memulai dan mengembangkan usahanya sehingga mampu memberikan dampak positif terhadap masyarakat.

MAKERFEST 2018 akan dilaksanakan pada April hingga Desember 2018 di Medan, Padang, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, dan Makassar. Di setiap kota akan diselenggarakan berbagai kegiatan edukasi, workshop, dan sesi sharing keterampilan.

Para kreator juga dapat berkonsultasi dengan pelaku usaha, konsultan bisnis, serta pengusaha ekonomi kreatif skala nasional mengenai tantangan dan solusi yang dihadapi dalam mengembangkan bisnis mereka. Termasuk dalam hal pengembangan SDM, inovasi, strategi pemasaran, branding, hingga akses ke permodalan.

MAKERFEST ditargetkan diikuti oleh sebanyak-banyaknya kreator lokal dari berbagai wilayah di Indonesia. Di setiap kota juga akan dilaksanakan Local Maker Competition 2018, kompetisi berkreasi untuk para kreator lokal yang ingin mengenalkan dan mengembangkan bisnisnya. Pemenang dari setiap kota akan diterbangkan ke Jakarta untuk mengikuti Festival MAKERFEST 2018 di Jakarta pada Desember mendatang.

Dari 24 peserta skala nasional, sepuluh finalis terbaik akan diberikan kesempatan untuk mempresentasikan bisnisnya dan memberikan sesi workshop di depan para juri dan pengunjung Festival MAKERFEST 2018.

Tiga juara terbaik Local Maker Competition 2018 akan mendapatkan reward masing-masing sebesar Rp1 miliar, Rp300 juta, dan Rp200 juta sebagai modal untuk mengembangkan usahanya.

Selain itu, pemenang juga mendapatkan reward lainnya berupa konsultasi kreatif dan produksi untuk branding dan marketing campaign, kolaborasi eksklusif dengan pelaku industri kreatif nasional, dan kesempatan berpartisipasi dalam pameran internasional, serta mengakses jalur distribusi ke ritel internasional.

MAKERFEST sendiri hadir secara independen. Gerakan ini berkolaborasi dengan Tokopedia dan didukung oleh institusi-institusi pemerintahan sekaligus pelaku industri Indonesia, yaitu Badan Ekonomi Kreatif dan Kementerian Perindustrian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here