Harus Maksimal Dalam Manfaatkan Anggaran dan Pembangunan

0
172
foto: jatengprov.go.id

KENDAL, presidentpost.id – Bupati Kendal dr. Mirna Anissa, M.Si melalui Sekretaris daerah Moh. Toha, ST, MSi  mewanti-wanti supaya seluruh jajarannya harus maksimal dalam memanfaatkan anggaran dan pembangunan yang berkualitas terutama infrastruktur secara merata, sesuai arah kebijakan di Tahun 2018 “Kendal Bermartabat”, yang menitikberatkan pada pembangunan infrastruktur secara merata, sumber daya manusia berkualitas dan berdaya saing, serta pendidikan yang berkualitas dan kesehatan murah terjangkau.

Hal tersebut disampaikan Sekda saat membuka Rapat Koordinasi Pengendalian Operasional Kegiatan (POK) Triwulan I Tahun Anggaran 2018, Selasa (24/4) di Operation Room Kantor Bupati Kendal.

“Saat ini sudah masuk akhir bulan April, saya lihat perkembangan pelaksanaan kegiatan dan pembangunan di Kabupaten Kendal sampai dengan bulan Maret 2018 (Triwulan pertama) ini, belum signifikan dan realisasi fisik masih dibawah target, serta kegiatan / pekerjaan dengan swakelola dan pengadaan langsung masih banyak yang belum dilaksanakan. Sedangkan waktu pelaksanaan kegiatan Tahun 2018 akan memasuki pertengahan tahun atau bulan Mei, target yang dicapai relatif masih banyak,” beber Sekda Toha.

Tak pelak  kepada seluruh pimpinan OPD, Sekda meminta agar dapat memanfaatkan waktu ini dengan efektif dan melakukan kerja ektra dalam mewujudkan target pelaksanaan kegiatan, agar bisa selesai tepat waktu, terukur dan betul-betul bisa dinikmati oleh masyarakat.

Apa yang menjadi tugas dan tanggungjawab setiap OPD harus dituntaskan dan diselesaikan sesuai jadual atau time schedule yang ditentukan.

“Saya tegaskan, penyerapan anggaran harus dengan maksimal dan pembangunan yang berkualitas terutama infrastruktur secara merata, sesuai arah kebijakan di Tahun 2018 “KendalBermartabat”, yangmenitikberatkan pada pembangunan infrastruktur secara merata, sumber daya manusia berkualitas dan berdaya saing, serta pendidikan yang berkualitas dan kesehatan murah terjangkau.

Bupati Mirna menekankan beberapa hal untuk ditindaklanjuti dengan segera oleh seluruh kepala OPD yang bersangkutan. Yang perlu diperhatikan dan dilaksanakan yakni :

Seluruh OPD harus mengikuti alur perencanaan yang telah ditetapkan, secara tepat sasaran dan tepat waktu jangan sampai terlambat, serta dapat memanfaatkan waktu dengan baik dan melakukan langkah-langkah strategis agar capaian kegiatan di Tahun Anggaran 2018 dapat dilaksanakan semua;

Sedangkan OPD yang masih jauh dibawah target, agar dapat melakukan kerja ektra dan kerja keras, dalam melaksanakan program dan kegiatan yang belum dilaksanakan, agar segera dilaksanakan. Jangan sampai terjadi keterlambatan pelaksanaan kegiatan, sehingga nantinya tidak terjadi dilaksanakan.

Selanjutnya semua kegiatan harus diselesaikan tepat waktu, dan capaian harus nyata, terukur, serta betul-betul bisa dinikmati oleh masyarakat.

“Mari kita bersama-sama menyamakan persepsi, menyatukan langkah agar tercipta sinergi untuk berperan nyata dalam perubahan pembangunan daerah Kabupaten Kendal yang lebih baik,” katanya, dikutip dari jatengprov.go.id.

Melalui rapat koordinasi ini, diharapkan dapat menjadi forum koordinasi bagi semua OPD untuk memantau dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan serta mencari solusi atas kendala, masalah, maupun hambatan yang ditemui dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan di Kabupaten Kendal selama ini dalam rangka mewujudkan pembangunan Kabupaten Kendal yang lebih maju, mandiri dan sejahtera.

Diketahui alokasi anggaran Tahun 2018 sesuai Perda Kabupaten kendal Nomor 13 tahun 2017 sebesar Rp. 2,2 trilyun ( Rp. 2.211.640.694.700,00 ). Sementara, realisasi belanja hingga 10 April 2018 sebesar lebih kurang Rp. 260 juta ( Rp. 260.092.060.639,00 ) atau 11,76 %.

Kegiatan Rakor POK Triwulan I tersebut diikuti para Asisten Bupati, Staf Ahli Bupati dan selruh pimpinan OPD di Pemerintah Kabupaten Kendal. (TPP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here