Dispendukcapil Grobongan Percepat Distribusi E-KTP

0
246
foto: jatengprov.go.id

GROBONGAN, presidentpost.id – Upaya mempercepat pendistribusian KTP elektronik (KTP-el) yang sudah tercetak dilakukan Dispendukcapil Grobongan. Caranya, dengan menyerahkan KTP-el pada para Kepala Desa yang dilangsungkan di Pendopo Kabupaten, Selasa (24/4/2018). Penyerahan KTP-el secara simbolis dilakukan Sekda Grobogan Moh Sumarsono pada perwakilan Kades.

Kepala Dispendukcapil Grobogan Moh Susilo menjelaskan, jumlah KTP-el yang dibagikan sebanyak 32.910 lembar. Pihaknya sengaja menyalurkan KTP-el pada Kades/Lurah agar warga mudah dalam melakukan pengambilan karena lokasinya sudah ada di Desanya.

“Jika masih ada di kantor maka warga terlalu jauh dan butuh waktu serta biaya untuk mengambilnya. Oleh sebab itu, kita serahkan pada Kades/Lurah supaya pengambilan lebih dekat dan mudah. KTP-el yang dibagikan adalah hasil perekaman yang sudah dilakukan beberapa waktu lalu,” jelasnya, dikutip dari jatengprov.go.id.

Menurut Susilo, saat ini masih ada sekitar 10 ribu hingga 13 ribu warga wajib KTP yang belum melakukan perekaman. Beberapa diantaranya merupakan warga yang baru mendapatkan hak pilihnya dalam Pilkada 2018. Pihaknya berharap agar masyarakat memanfaatkan waktu untuk melakukan perekaman KTP maupun catatan administrasi kependudukan yang lain di masing-masing Kecamatan.

Di samping itu, pihaknya juga melakukan pelayanan jemput bola di Balai Desa, sekolah, dan ruang publik. Ia juga mengingatkan warga untuk segera melakukan perekaman sebelum akhir Desember 2018. Soalnya, setelah batas itu, data yang bersangkutan akan dinon-aktifkan.

Sekda Grobogan Moh Sumarsono mengingatkan Kepala Desa dan Lurah yang menerima KTP-el milik warga untuk segera disalurkan pada pemiliknya. Sumarsono juga mewanti-wanti agar dalam penyaluran KTP el itu jangan sampai melakukan pungutan biaya. ”Saya ingatkan, pelayanan catatan administrasi kependudukan ini tidak dipungut biaya alias gratis. Jangan sampai ada Kades atau Lurah yang berani melakukan pungli saat menyerahkan KTP ini pada warganya,” ujarnya. (TPP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here