Bicara Target, Menpar Sebut Transaksi GOTF Seharusnya Bisa Rp 1 T

0
201
facebook.com/kemenpar

JAKARTA, presidentpost.id – Sales Garuda Indonesia Online Travel Fair (GOTF) 2018 ditargetkan sebesar Rp360 miliar. Menteri Pariwisata, Arief Yahya, menuturkan seharusnya target sales tahun 2018 adalah Rp1 triliun.

Menurut Arief, nominal tersebut merupakan keniscayaan karena sales GOTF tahun 2017 sebesar Rp524 miliar, atau meningkat 5 kali dari tahun 2016 sebesar Rp106 miliar.

“Sejarahnya dulu, yang meminta Garuda untuk membuat Online Travel Fair (GOTF) adalah Menpar, karena Kemenpar urusannya adalah inbound,” tutur Arief dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat (27/4/2018).

Arief juga menekankan the more digital. Arief menegaskan online travel fair akan lebih mudah, lebih murah, dan bisa merambah pasar dunia. Menpar juga berterima kasih karena GOTF bisa diakses di websitedari negara Jepang, Korea, Thailand, China, Hong Kong, dan Belanda. Selain itu, juga bisa diakses dalam 8 bahasa, termasuk bahasa lokal, Inggris, Indonesia

GOTF 2018 akan dilaksanakan pada 3-9 Mei 2018, mengambil tema more for Less, you get more you pay less. Garuda Indonesia memiliki market share pax GA Group: 31% domestic, 14% internasional, dengan jumlah negara terbanyak (11 negara).

Arief juga mendorong Garuda Indonesia untuk terlibat dan memanfaatkan program-program Pemerintah, seperti ViWI (Visit Wonderful Indonesia); Hot Deals; Paket Calendar of Events (Asian Games, IMF-WB Annual Meeting); Destinasi Digital.

Diskon besar yang ditawarkan Garuda untuk tiket airlines, menjadi salah satu kontribusi suksesnya program hot deals. Paket Hot Deals ini mensinergikan high season dengan low season. Hot Deals diterapkan dengan konsep sharing economy yaitu menjual barang atau jasa yang minim peminat atau excess capacity  dengan memberikan diskon yang besar, termasuk untuk tiket ferry dan airlines, sehingga mendorong wisman berkunjung atau bila semula calon wisman tidak ada rencana, menjadi segera melakukan traveller.

“Supply men-drive demand. Wisman akan tertarik jika dapat penawaran hot deals hingga 40%. Hot Deals sangat membantu meningkatkan peluang pasar saat low season“, ujar Menpar.

Sejak GOTF dilaksanakan pertama kali pada 2016, ternilai sukses. Kesuksesan event GOTF terlihat dari salesnya yang meningkat tiap tahunnya. Sales GOTF 2016 (1 kali) mencapai Rp. 106 Miliar, tahun 2017 (3 kali) mencapai Rp. 524 Miliar, atau meningkat 5 kali. Sedangkan target 2018 (2 kali) sebesar Rp. 360 Miliar, 2 juta pengunjung web, dan 50.000 downloader baru.

GOTF 2018 akan dijajaki dalam dua fase. Pada fase I ada 5 destinasi pariwisata unggulan yang disiapkan yaitu Balikpapan, Denpasar, Labuan Bajo, Wangi-wangi, dan Palembang. (Heros/TPP)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here