Kick Off BTP Downstream Operation Excellence 2018

0
296

JAKARTA, presidentpost.id – Bertempat di Ruang Rapat Board Room, lantai 3, Hotel Borobudur Jakarta, diadakan kick off Breakthrough Project (BTP) Downstream Operation Excellence (DORE) 2018, pada (4/4).

BTP DORE 2018 merupakan program kerja lintas direktorat yang memiliki tujuan utama menurunkan atau efisiensi biaya operasi sehingga meningkatkan margin hilir. Hadir dalam kesempatan tersebut para project owner, yaitu SVP Fuel Marketing & Distribution Gigih Wahyu Hari Irianto, SVP Refining Operation Budi Santoso Syarif (saat menjabat), SVP Shipping Alfian Nasution, SVP ISC Toto Nugroho P., serta VP Supply Chain Planning & Optimization Linda R. Sinaga sebagai project leader.

Pada kesempatan tersebut, Linda menjelaskan ada beberapa hal yang melatarbelakangi program BTP DORE 2018. Yaitu, tingginya excess laytime dan demurrage kapal, tuntutan untuk dilakukannya efisiensi biaya distribusi/supply chain BBM, tingginya biaya operasi dan overhead Refinery dan Pemasaran, terbatasnya sumber impor minyak mentah dan produk, serta challenge untuk melakukan efisiensi biaya pengadaan impor produk dan peningkatan GVI (Value) minyak mentah yang diolah kilang.

“Dari beberapa faktor tersebut, inefisiensi terbesar pada inefisiensi hire rate kapal/excess laytime yang semakin tahun semakin membesar. Bahkan di tahun 2017 mencapai sebesar USD 278 juta,” jelas Linda.

Menurut Linda, target yang harus dicapai melalui BTP DORE 2018 adalah menurunkan biaya Integrated Port Time Management (IPT) sebesar 20%, mengintegrasikan biaya operasional dan overhead Refinery-Marketing, efisiensi pengadaan produk dan crude dengan direct sourcing, serta pengembangan infrastruktur downstream.

Sementara itu, SVP Fuel Marketing & Distribution Gigih Wahyu Hari Irianto mengharapkan BTP ini dapat menghasilkan suatu strategi guna meningkatkan keandalan suplai dan stok TBB serta memberikan efisiensi biaya yang feasible. “Dalam kondisi bisnis migas yang bergerak sangat dinamis saat ini, kita harus menyikapinya secara terintegrasi dari segala lini bisnis. Ini dimaksudkan agar kita mampu menghadapi kompetitor dan perubahan-perubahan lain yang mungkin akan terjadi ke depannya,” ujar Gigih.

Hal senada disampaikan SVP ISC Toto Nugroho. Sebagai salah satu project owner, ia mengajak seluruh project owner ini untuk terus memonitor kinerja seluruh lini stream BTP DORE 2018 dan memastikan keberlangsungannya. (Eva/TPP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here