Anak Usaha Pelindo III Raih Penghargaan “Indonesia Most Creative Company 2018”

0
329
PT Pelindo Husada Citra (PHC), anak usaha Pelindo III, meresmikan fasilitas kesehatan, Klinik PHC Banjarmasin di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, akurat.co

JAKARTA, presidentpost.id – PT Terminal Teluk Lamong (TTL), anak usaha PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III, dinobatkan sebagai salah satu “Indonesia Most Creative Company 2018”. Acara penganugerahan bertajuk “Outstanding Corporate Innovator” dan “Indonesia Most Creative Company” tahun 2018 ini berlangsung meriah yang mengambil tempat di Hotel Shangri-La, Jakarta.

Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi atas hasil riset yang dilakukan oleh Majalah SWA bekerjasama dengan PPM Manajemen kepada sejumlah perusahaan BUMN, anak BUMN dan swasta. Riset dilakukan untuk mencari perusahaan yang memiliki kreativitas, inovasi dan terobosan unik pada masing-masing bidang kerjanya sehingga dapat meningkatkan performa perusahaan.

Tampak hadir menyerahkan penghargaan bergengsi tersebut adalah Chief EditorMajalah SWA Group Kemal E. Ghani. Bersama dengan TTL, terdapat juga 29 perusahaan menerima apresiasi serupa dan berhak menyandang predikat “Mereka Yang Tak Henti Berkreasi”.

Bagi Direktur Operasi dan Teknik TTL Rumaji, prinsip “Green Smart Port” yang diimplementasikan dalam pelayanan kepelabuhanan menjadi keunggulan terminal yang beroperasi sejak tahun 2014. “Teluk Lamong merupakan satu-satunya terminal di Indonesia yang menerapkan konsep otomatisasi dan ramah lingkungan,” kata Rumaji.

Penerapan pola operasi berbasis teknologi informasi ini berimbas pada peningkatan produksi peti kemas sebesar 102 persen. Lebih lanjut, pergerakan logistik nasional menjadi semakin lancar lantaran waktu tunggu kapal menjadi semakin singkat. Hingga kini, TTL berhasil menerapkan zero waiting time di pelabuhan.

Selain itu, konsep ramah lingkungan juga dikedepankan. Penggunaan Bahan Bakar Gas (BBG) dan energi listrik dalam kegiatan operasional terbukti mampu mengurangi emisi gas buang. TTL juga dilengkapi dengan Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) untuk memasok kebutuhan listrik secara mandiri.
Home Terminal

Sementara itu, inovasi Pelindo III menyajikan seamless service berbasis aplikasi mobile dalam wujud aplikasi Home Terminal mendapatkan apresiasi dari MarkPlus Inc., Rabu (02/05). Perusahaan terbesar konsultan pemasaran tersebut menganugerahkan Bronze Winner kepada Pelindo III sebagai “Promising Company in Strategic Marketing”. Gelaran ini dilangsungkan pada salah satu rangkaian kegiatan Jakarta Marketing Week 2018 di Grand Atrium Kota Kasablanka, Jakarta.

Commercial and Operational DirectorPelindo III Mohammad Iqbal hadir menerima penghargaan yang diserahkan langsung oleh Deputi Bidang Usaha Konstruksi dan Sarana dan Prasarana Perhubungan (KSPP) Kementerian BUMN Ahmad Bambang, didampingi oleh Founder and Chairman MarkPlus Hermawan Kertajaya. (Heros/TPP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here