Wapres Berharap Atasi Kemacetan Asian Games, Pemprov Siapkan Jalur Khusus

0
229

JAKARTA, presidentpost.id – Persiapan Asian Games 2018 terus dilakukan agar pesta olahraga se-Asia ini dapat berjalan dengan lancar tanpa kendala. Untuk itu, Wakil Presiden Jusuf Kalla berharap Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan kepolisian menyepakati adanya jalur khusus.

Jalur khusus itu nantinya akan digunakan untuk kendaraan khusus Asian Games 2018.

Permintaan itu disampaikan Ketua Dewan Pembina Inasgoc beberapa waktu lalu.

Pasalnya, kontingen mengeluhkan waktu tempuh dari hotel atlet menuju venue yang terhitung lama, yakni 45 menit hingga 1 jam.

Padahal idealnya perjalanan kontingen atlet hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit.

“Tes event itu kan kepolisian dan DKI belum berikan jalur-jalur khusus. Kita sepakat untuk memberikan satu jalur sepanjang jalan itu hanya untuk kendaraan yang Asian Games,” kata Jusuf Kalla di kantor Wapres RI, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (8/5).

Sebelumnya Inasgoc telah memiliki alternatif untuk meliburkan anak sekolah dan mengatur jam kerja kantoran.

Namun, JK menilai opsi tersebut belum tentu dapat direalisasikan.

“Tapi kan jam sekolah itu jam 7 pagi, sementara atlet mainnya jam 9 jadi tidak akan tabrakan juga sebenarnya, tapi bagaimana pun diberikan jalur khusus,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Wapres mengungkapkan Pemerintah Indonesia telah bekerja keras selama lebih dari dua tahun terakhir.

Kalla mengapresiasi sejumlah pihak yang bertugas seperti Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya menyatakan akan ada jalur khusus untuk bus pengantar atlet dan official.

Bus tersebut akan mengantar dari wisma atlet di Kemayoran sampai ke tempat pertandingan di kawasan Gelora Bung Karno, Senayan.

“Kita berikan juga jalan prioritas termasuk di tol. Kan’ dari Kemayoran sampai GBK, ada beberapa yang kita lakukan penutupan. Melihat situasi lalu lintas yang ada pada saat itu,” ujar Halim.

Indonesia akan menjadi tuan rumah perhelatan pesta olahraga terbesar Asia atau Asian Games ke-18.

Asian Games akan diselenggarakan pada 18 Agustus hingga 2 September 2018 di Jakarta dan Palembang. (Heros/TPP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here