Kembangkan UMKM di Balikpapan Angkasa Pura 1 Kucurkan Rp 550 Juta

0
140

BALIKPAPAN, presidentpost.id – PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan menggelontorkan dana sebesar Rp 550 juta untuk 8 UMKM di Balikpapan. Hal itu diungkapkan General Manager PT AP I (Persero) Balikpapan, Handy Heryudhitiawan, Kamis (10/5).

Lebih lanjut, dana tersebut berasal dari Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) di tahun 2018. “Kemarin, penyerahan bantuan dilaksanakan di Kantor Administrasi PT Angkasa Pura I (Persero) Balikpapan dengan nilai sementara Rp550 juta,” katanya.

Handy menyebut penyaluran dana ini adalah bentuk tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat di sekitar lingkungan kerja perusahaan.

“Untuk diketahui dalam RKA PKBL tahun 2018 dana Corporate Social Responsibility (CSR) yang akan di salurkan PT Angkasa Pura I (Persero) Balikpapan adalah Rp 5 miliar dengan perincian, untuk Pinjaman Kemitraan UMKM dan Hibah Pembinannya sebesar Rp 3,5 miliar dan Program Bina Lingkungan sebesar Rp 1,5 miliar,” bebernya.

Untuk diketahui, PT Angkasa Pura I (Persero) telah bekerjasama dengan Bank BRI dalam menerapkan sistem pembayaran baru. Hal itu dipercaya bakal memudahkan para mitra binaan dalam mengembalikan angsuran pinjamannya.

Pihaknua juga memberikan bantuan bina lingkungan untuk renovasi ruang pelayanan publik di Polres Balikpapan, perbaikan kendaraan patroli keamanan Polsek Kawasan Bandara, penanaman pohon di SDN 002 Balikpapan Selatan, serta bantuan untuk warga RT 22 Sepinggan Raya yang terkena musibah bencana kebakaran..

“Total nilai program kemitraan dan bina lingkungan yang diserahkan sebesar Rp89 juta,” ucapnya.

Terpisah, Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Perindustrian Kota Balikpapan, Dorce Marpaung,  memberikan apresiasi kepada PT Angkasa Pura I (Persero) Balikpapan atas kontribusinya kepada masyarakat Balikpapan, baik untuk pengembangan UMKM dan Program Bina Lingkungan.

“Saya berpesan agar para pelaku UMKM yang berkesempatan mendapatkan Pinjaman kali ini dapat komit untuk pengembangan usahanya serta mengembalikan dana bergulir tersebut sehingga dapat dimanfaatkan oleh pelaku UMKM lainnya,”  imbuhnya.

Disamping itu Dorce berharap bahwa bantuan ini bisa menggairahkan perekonomian warga Balikpapan dan Kaltim pada umumnya. (Safak/TPP)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here