Menpar Terapkan Strategi Khusus Gaet Wisman Tiongkok

0
300
facebook.com/kemenpar

JAKARTA, presidentpost.id – Sedikitnya ada 10 catatan penting dalam kunjungan kerja Menteri Pariwisata Arief Yahya ke Shanghai. Pertama bertemu Ctrip di Shanghai, langsung “berjualan” ViWI 2018. VisitWonderful Indonesia yang di dalamnya ada 3 unsur, yakni Hot Deals, Calendar of Events dan Destinasi Digital. “Khusus hot deals, di Kepri atau Batam, Bintan dan Jakarta Weekend Deals atau Jakdeals, dua-duanya layak jual dan cepat direspons,” kata Arief Yahya.

Ctrip adalah Online Travel Agent terbesar di Tiongkok dengan market share 70%. Ctrip sudah berdiri sejak 1999 dan IPO di Nasdag USA, menjadi OTA pertama dan terkuat di Negeri Tirai Bambu itu. 70% anak-anak muda di sana sudah Look, Book, Pay, melalui digital, dan 70% transaksinya menggunakan smartphone.

Menpar Arief Yahya mencatat, fakta-fakta soal digital itu semakin memperkuat, rumus yang sudah diucapkan 3 tahun silam. The more digital, the more global. The more digital the more personal. The more digital, the more professional!

Menpar juga  berterima kasih kepada Ctrip yang diterima CEO Destination Marketing CTrip Ms. Jane Qian, 5 Mei 2018. Dalam mesin big data Ctrip, Bali berhasil mencuri perhatian travellers Tiongkok. Bali bikin jatuh cinta wisatawan Tiongkok, dan memenangi tiga penghargaan sekaligus.

Bali menjadi Peringkat 1 The Best Honeymoon Destination. Bali juga Top 10 The Best Destination Worldwide (peringkat 4). Dan Bali masuk Top 10 The Best Luxury Destination (peringkat 4). Ini berarti, Branding dan Advertising untuk market Tiongkok selama ini sukses.

Catatan Menpar Arief Yahya, masuk akal juga jika 2017 turis asal Tiongkok nomor satu, mengalahkan Singapore, Malaysia, Australia, Jepang, Korea. Tiongkok naik secara jumlah atau size, menjadi 2,2 juta wisman. Tiongkok juga baik secara growth atau sustainability, dengan pertumbuhan 40%, tertinggi.

Menurut  Arief Yahya, jumlah wisman Tiongkok yang ke Indonesia itu, masih jauh dari total outboundmereka. Setahun 2017 lalu, sudah 138 juta, orang Tiongkok ke luar negeri. “Yang ke Thailand sudah di atas 10 juta setahun! Dan semua negara berpromosi ke Tiongkok, berebut wisman di sana,” ujarnya dalam siaran persnya, Jumat (11/5). (Heros/TPP)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here