Mendag Enggartiasto Klaim Harga Komoditas Pangan Utama Turun

0
246
twitter.com/enggarmendag

JAKARTA, presidentpost.id – Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengklaim  harga sejumlah komoditas pangan utama, mulai dari daging ayam hingga bawang putih sudah mulai turun. Penurunan harga terutama terjadi di kota-kota besar, seperti Bandung, Jawa Barat.

“Misalnya di Bandung yang dikhawatirkan harganya tinggi, tapi itu semua sudah terkendali. Jadi di berbagai daerah, harga komoditas utama itu sudah turun,” ucap Enggar di kantornya, Rabu (23/5).

Enggar merinci, harga bawang putih di Bandung per hari ini telah turun sekitar 33 persen, daging ayam turun 9,5 persen, teluar ayam 8 persen, cabai merah 6,6 persen, dan bawang merah 9 persen.

Penurunan bahan pangan, menurut Enggar, disebabkan oleh meningkatnya pasokan pangan. Untuk daging ayam, misalnya, pemerintah telah meminta para perusahaan unggas terintegrasi untuk menggelontorkan pasokan demi menurunkan harga.

” Kami undang para integrator dan peternak mandiri, mereka kami kasih waktu dalam satu minggu turunkan harga itu. Sudah dari kemarin. Harganya sudah turun tapi terlalu kecil, makanya kami panggil lagi integrator untuk suplai lagi,” jelasnya.

Selain penambahan suplai, penurunan harga juga dilakukan melalui koordinasi dengan pemerintah daerah (pemda). Ia menyebut, beberapa pemda telah menyepakati aturan jual daging sapi dengan harga sekitar Rp80 ribu per kg, meski di beberapa daerah lainnya harga daging sapi masih berada di rentang Rp105-120 ribu per kg.


“Minyak goreng juga tidak ada masalah. Begitu juga dengan bawang merah, bawang putih, cabai hijau, dan cabai merah. Jadi semua harga terkendali,” katanya.

“Daging sapi itu kami beri pilihan kepada pemda untuk rakyat (daging impor) mendapat harga Rp80 ribu, itu tersedia. Tetapi kalau ada pemda yang tidak mengizinkan masuknya daging impor, artinya, itu rakyat tidak diberi pilihan dan salahnya pemda sendiri,” pungkas dia.

Berdasarkan Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPS) per hari ini, harga pangan utama bergerak variasi. Beberapa komoditas terpantau stabil dalam sepekan ini, misalnya beras medium di rentang Rp11.700 per kg dan minyak goreng di kisaran Rp13.750 per kg.

Sedangkan komoditas yang harganya turun pada pekan ini dibandingkan pekan lalu, yaitu daging sapi dari kisaran Rp116.300 per kg menjadi Rp115.50 per kg. Lalu, daging ayam dari Rp37.00 per kg menjadi Rp36.400 per kg, bawang putih dari Rp29.100 per kg menjadi Rp28.600 per kg, dan cabai merah dari Rp41.350 per kg menjadi Rp38.900 per kg. (Heros/TPP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here