SWIFT: Seperempat dari Seluruh Pembayaran Lintas Negara Kini Dilakukan Melalui GPI

0
204

JAKARTA, Indonesia, presidentpost.id – SWIFT hari ini mengumumkan bahwa, hanya 15 bulan setelah diluncurkannya layanan Global Payments Innovation (GPI), 25% dari seluruh lalu lintas pembayaran lintas negara di SWIFT kini dilakukan melalui GPI.

GPI SWIFT, yang dalam 30 tahun terakhir dianggap sebagai perubahan yang paling signifikan dalam pembayaran lintas negara, kini semakin memudahkan para nasabah berkat meningkatnya kecepatan, transparansi, dan kemampuan dalam menelusuri pembayaran end-to­-end. Berbagai peningkatan ini akan menjadi standar untuk semua pembayaran lintas negara yang dilakukan melalui jaringan SWIFT pada akhir tahun 2020.

Sejak diluncurkan pada tahun 2017, penggunaan GPI SWIFT meluas dengan cepat. Lebih dari 165 bank, membukukan 80% dari lalu lintas pembayaran lintas negara SWIFT, termasuk 49 dari 50 bank top di dunia, telah mendaftar pada layanan ini. Hingga saat ini, 50 juta pembayaran GPI telah diproses, dan ratusan ribu pembayaran dikirim setiap harinya melalui 350 koridor negara, dalam lebih dari 100 mata uang. Pada koridor utama, seperti AS-China, GPI membukukan lebih 40% dari lalu lintas pembayaran.

Terkait meningkatnya penggunaan GPI, Johan Sidarno, Country Manager di Indonesia, SWIFT, berkomentar: “Sudah jelas bahwa industri pembayaran global harus berevolusi agar dapat menyediakan layanan yang modern dan mampu memenuhi ekspektasi nasabah. Sebagai layanan lintas negara yang global, cepat, aman, dan transparan, GPI menghadirkan perubahan dengan dampak nyata, dan meningkatnya penggunaan layanan ini adalah bukti dari manfaatnya yang begitu besar bagi nasabah akhir. Dengan membukukan lebih dari 25% lalu lintas dan lebih dari $100 miliar dana mengalir dengan aman setiap harinya lewat GPI, layanan ini dengan cepat menjadi standar baru dalam pembayaran lintas negara.”

Perkembangan yang signifikan dalam penerapan dan penggunaan GPI SWIFT didorong oleh permintaan untuk layanan pembayaran lintas negara yang lebih cepat dan transparan. Kini, hampir 50% pembayaran GPI mampu diselesaikan dan dipindahbukukan ke rekening penerima dalam waktu kurang dari 30 menit, bahkan banyak yang dalam hitungan detik.

Pada bulan Maret 2018, SWIFT mengumumkan bahwa GPI Tracker akan mencakup semua instruksi pembayaran yang dikirim melalui jaringan, memudahkan bank GPI untuk melacak seluruh instruksi pembayaran SWIFT mereka kapan saja, dan memberikan informasi menyeluruh atas semua aktivitas pembayaran mereka.

Berkat kecepatan dan transparansi yang dihadirkan oleh GPI, bank yang menggunakan layanan ini mengalami penurunan ketidaksesuaian secara signifikan, dan berkurangnya biaya enquiry sebesar 50%.

Johan menambahkan: “Dengan semakin banyaknya bank yang merasakan peningkatan dan efisiensi yang ditawarkan GPI, kami yakin penerapannya akan semakin meluas. Pengiriman pesan pembayaran yang membutuhkan waktu kurang dari 30 menit serta transparansi pada tracker membantu nasabah bank mendapatkan informasi yang lebih lengkap dan layanan yang kian memudahkan, memungkinkan proses pemesanan dan pengiriman barang dimulai jauh lebih dini.”(PRN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here