Siap-Siap! Kota Sydney gemerlap saat Vivid Sydney bercahaya merayakan hari jadinya yang ke-10

0
487

SYDNEY, presidentpost.id – Sydney menyemburkan warna-warni yang menakjubkan malam hari ini saat berbagai cahaya dipancarkan dalam perayaan hari jadi Vivid Sydney yang ke-10. Vivid Sydney adalah festival cahaya, musik dan ide yang terbesar di dunia.  Selama 23 hari dan malam ke depan, ajang terbesar di Australia ini akan mengubah Sydney menjadi pameran sinar berwarna-warni, suara sensasional serta pemikiran kreatif dari 25-16 Juni 2018.

Momen ‘Lights on’, menandai awal festival tersebut, membuat seluruh pandangan beralih ke Sydney Opera House untuk sesi Lighting of the Sails, tahun ini dihadirkan oleh seniman Australia yang meraih penghargaan, Jonathan Zawada, serta menampilkan sejumlah patung digital yang fantastis berupa benda-benda keseharian serta spesimen alam yang berevolusi, menghilang dan bermetaforsis.

Tahun ini, cahaya bersinar terang setiap malam di sembilan distrik (precinct) Sydney termasuk Barangaroo, Chatswood, Circular Quay, The Rocks, Darling Harbour, Kings Cross, Royal Botanic Garden Sydney, Taronga Zoo dan untuk kali yang pertama, Luna Park.

Menteri Utama New South Wales (NSW), Gladys Berejiklian bilang, “Saya selalu merasa sangat gembira melihat kota Sydney yang berkilauan dalam simfoni warna serta pergerakan, dan kami tak sabar menyaksikan seluruh momen yang akan menyenangkan dan memikat para pengunjung yang hadir menikmati perayaan hari jadi Vivid Sydney yang ke-10 selama 23 hari dan malam mendatang.”

Menteri Pariwisata dan Kegiatan Utama NSW Adam Marshall berkata, Vivid Syney tak hanya menjadi peluang memamerkan Sydney, namun juga keseluruhan negara bagian.

“Vivid Sydney lebih dari sekadar festival cahaya, musik dan ide yang memukau – ajang tersebut meningkatkan perekonomian, menarik ratusan ribu pengunjung yang menginap di negara bagian kami,” ujar Marshall.

“Ada hampir 38.000 pengunjung yang datang ke Vivid Syney tahun lalu, dan memperpanjang kunjungannya di NSW serta berkunjung hingga ke pinggiran Sydney, menghabiskan 94.000 malam dan menyuntikkan $ 16 juta ke perekonomian regional negara bagian.

“Pemerintah NSW telah bekerja keras memastikan NSW sebagai pusat pariwisata dan kegiatan Australia. Lebih lagi, Vivid Sydney memamerkan kota global kami kepada dunia, memperkuat posisi Sydney sebagai wadah kreativitas, kebudayaan dan inovasi.”

Direktur Kreatif Vivid Sydney, Ignatius Jones menambahkan, “Vivid Sydney sepenuhnya berkutat pada perpaduan seni dan teknologi, serta menghadirkan sedikit keajaiban di atas kedua hal tersebut untuk menghibur para pengunjung. Tahun ini, berbagai visi kreatif dari seniman internasional dan lokal telah terwujud dalam beragam seni instalasi dan proyeksi berskala besar serta interaktif, mengubah berbagai gedung ikonis, lokasi dan lanskap penting; dari Sydney Opera House dan Sydney Harbour Bridge, hingga beberapa kanvas alami di Royal Botanic Garden Sydney dan Darling Harbour. Kami mengundang seluruh orang untuk bergabung dalam perayaan kreativitas dan komunitas yang penuh dengan warna.”

Festival cahaya, musik dan ide Vivid Sydney merupakan yang terbesar di dunia dan ajang terbesar di Australia. Berikut beberapa kilasan program acara dalam ajang tahun ini.

VIVID LIGHT

Sesi ‘Lights On’ pada jam 6 sore setiap malam (dan 5:30 sore di Chatswood dan Taronga Zoo), mengubah sejumlah arsitektur dan tempat terbuka di Sydney menjadi kanvas seni instalasi dan proyeksi interaktif yang memukau. Beberapa acara yang wajib disaksikan termasuk:

  • Seniman kenamaan Australia Jonathan Zawada mengubah bagian layar Sydney Opera House menjadi Metamathemagical, serangkaian patung digital kinetik, memakai sejumlah gambar yang terinspirasi dari lingkungan hidup di Australia.
  • Untuk kali yang pertama, Vivid Sydney mencakup Luna Park sebagai distrik, menghadirkan pertunjukan cahaya akbar, Spirit of Fun di Coney Island serta Ferris Wheel, akan memberi tempat terdepan bagi para pengunjung agar menyaksikan pemandangan terbaik dari Sydney Harbour yang gemerlap.
  • Sejumlah karakter May Gibbs yang digemari Snugglepot dan Cuddlepie merayakan hari jadinya yang ke-100 pada fasad Customs House, dengan petualangan menggembirakan yang melalui semak-belukar Australia.
  • Barangaroo akan menampilkan sosok semarak setinggi enam meter, berada di tepi laut dan berinteraksi dengan para pengunjung di The Liminal Hour, pameran cahaya dan suara yang teatrikal.
  • Lights for the Wild tampil lebih bagus dari sebelumnya di Taronga Zoo, menghadirkan petualangan melalui hutan, semak-belukar dan habitar laut. Sejumlah sosok baru bergabung dengan karakter kegemaran dalam ajang ini termasuk, ‘PJ’, hiu Port Jackson sepanjang 20 meter, Goanna yang berukuran sembilan meter serta Weedy Sea Dragon dan Red-Back Spiders.

VIVID MUSIC

Sejumlah program Vivid Music akan menyediakan lagu yang berdentum dengan jajaran artis kontemporer lokal dan internasional yang terbaik, tampil di atas panggung di seluruh kota. Beberapa acara yang wajib disaksikan termasuk:

  • Grup musik future soul asal Australia Hiatus Kaiyote akan menunjukkan mengapa karya mereka diadaptasi oleh Drake, Kendrick Lamar dan Chance the Rapper, saat mereka membawakan perpaduan istimewa musik jazzsoulfunkhip hop serta electronica di City Recital Hall pada 26 Mei 2018.
  • Penyanyi muda Australia yang fenomenal, Ruel, akan tampil di panggung Metro Theatre yang terkenal di Sydney dalam konser tunggal utamanya untuk pertama kali.
  • Lagu latar Romeo + Juliet karya Baz Luhrmann yang terkemuka, akan ditampilkan ketika masquerade-ball-rock-show Young Hearts Run Free hadir di Enmore Theatre pada 7 Juni.
  • Orange is the New Black dari Big Boo, Lea DeLaria akan menampilkan vokalnya yang tajam dan menggoda di City Recital Hall pada 9 Juni,dengan penampilan komedi musikal serta interpretasi jazz yang menjadi bagian dari rangkaian Vivid Jazz.
  • Vivid LIVE akan kembali mengambil alih Sydney Opera House dengan perayaan musik kontemporer yang ambisius dan inovatif. Sejumlah panggung yang terdaftar dalam Warisan Dunia akan menyambut ikon internasional seperti Solange dan Ice Cube serta DREAMS, kolaborasi beraliran electro-pop antara ujung tombak grup musik Silverchair Daniel Johns  dan Luke Steele dari Empire of the Sun yang sangat dinantikan, pada 29 dan 30 Mei. Duet dream pop cult asal California Mazzy Star tampil di Australia untuk pertama kali dari 11-13 Juni, dan akan menutup Vivid LIVE dengan andalannya yakni gitar bernuansa psikedelik dan vokal yang memukau.

VIVID IDEAS

Perbincangan yang paling menggugah di Australia menjadi agenda para pelaku terobosan dari sektor teknologi, sains, seni, desain dan kebudayaan. Mereka berkumpul untuk menjajaki berbagai ide baru dan mengembangkan pemikiran baru lewat sejumlah forum dan lokakarya. James Cameron menjadi pembicara utama dalam ajang tahun ini dan akan berbicara di depan audiens yang berjibun. Beberapa acara yang wajib disaksikan termasuk:

  • Futuris dan pengembang gameJane McGonigal dan pakar Kecerdasan Buatan (AI) Kriti Sharma bergabung pada 3 Juni untuk mengulas jenis masyarakat yang diwujudkan teknologi seraya mereka berbincang tentang AI, Virtual Reality dan gamingterkini.
  • Kisah sukses dan pendiri Mambo Clothing, Phantom Records dan Deus Ex Machina, asal Australia Dare Jennings, berbincang tentang kegembiraan saat membuat terobosan dalam menciptakan merek dengan penggemar fanatik (cult brands), dalam sebuah acara diskusi dengan jurnalis TV dan radio James Valentine pada 27 Mei.
  • Seorang Visual Strategist, Jet Propulsion Laboratory, NASA, dan salah satu pendiri Museum of Awe, Dan Goods menjajaki keterkaitan antara seni dan sains yang membuat karyanya dipamerkan di berbagai musem dan ruang angkasa pada 3 Juni.
  • Aktivis dan pelopor lingkungan hidup, ikon olah raga surfingskateboard Peggy Oki, serta Ahli Biologi Laut dan model Laura Wellsakan berbincang-bincang pada 6 Juni tentang pelestarian laut di tengah upaya pemberantasan plastik, serta mengungkapkan cara agar Anda bisa menjadi agen perubahan dengan mengubah minat menjadi tindakan nyata.
  • Seperti apa kehidupan kita ketika hidup berdampingan dengan manusia digital? Sebuah panel yang terdiri atas para pakar akan tampil di atas panggung bersama manusia digital yang terwujud berkat komputer. Mereka akan menguji dampak etis dan sosial dari kehidupan yang melibatkan manusia digital buatan dalam sesi yang bertajuk Mummy, can I Marry my Avatar? pada 16 Juni.

Vivid Sydney kini secara resmi Bernyala, mari berkunjung dan menikmati seluruh acara yang dipersembahkan selama 23 hari dan malam ke depan.

Untuk rincian festival dan informasi program acara yang lebih lanjut, silahkan mengunjungi www.vividsydney.com atau unduh aplikasi seluler pada IOS dan Android. Ada pula fitur dan pengalaman augmented reality terbaru pada aplikasi itu, termasuk akses galeri seni tersembunyi di Fitzroy Gardens, di Kings Cross.

Tetap terhubung dengan sejumlah kanal media sosial Vivid Sydney untuk mendapat berbagai kabar dan panduan terbaru tentang kota Sydney dan distrik Vivid Sydney.

Ikuti akun Vivid Sydney                                    

facebook.com/vividsydney
twitter.com/vividsydney
instagram.com/vividsydney
youtube.com/vividsydney

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here