IGD 24 Jam dan Poliklinik Siaga Disiagakan RSHS Bandung Saat Mudik

0
245
Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan RI Untung Suseno Sutarjo meninjau kesiapan RSHS dalam menyambut mudik lebaran 1439 H (2018). (Foto by Biro Komunikasi)

BANDUNG, presidentpost.id – Menghadapi Mudik Lebaran Idul Fitri 2018, Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) akan menyiagakan IGD 24 Jam dan Poliklinik Siaga, untuk memberikan kelancaran kepada para pemudik yang akan mudik melalui jalur Bandung.

Pada Jumat (1/6), Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan RI Untung Suseno Sutarjo meninjau kesiapan RSHS dalam menyambut mudik lebaran 1439 H (2018). Strategi yang dilakukan RSHS pada siaga mudik tahun ini dengan menyediakan poliklinik siaga dan IGD yang beroperasi 24 jam.

Poliklinik siaga akan difungsikan selama lima hari, mulai pada 11, 12, 13, 19, dan 20 Juni. Poliklinik ini disiagakan dengan memanfaatkan Gedung Anggrek lantai dua, lorong 2D dengan 12 ruang pemeriksaan.

Lorong lainnya akan difungsikan dengan menyesuaikan jumlah pemudik yang sakit. Selain itu, RSHS juga mensiagakan klinik spesialis onsite yang mencakup spesialis bedah, spesialis anak, spesialis penyakit dalam, dan obgyn.

Pada saat itu juga akan disiagakan pelayanan pasien thalassemia, kemoterapi, dan hemodialisa.

Kemudian terkait pelayanan Instalasi Gawat Darurat (IGD) 24 jam telah disediakan empat kamar operasi. Mobilisasi tenaga kesehatan pun dilakukan dengan menyesuaikan jumlah pasien pemudik.

Jumlah pasien kurang dari 30 akan disiapkan dokter Spesialis dan satu perawat IGD di setiap ruang rawat inap. Bila jumlah pasien 30-50 akan disiapkan pula perawat IGD yang tidak sedang bertugas untuk kemudian bertugas. Apabila jumlah pasien mencapai 50-70, maka petugas akan ditambah dengan petugas IGD shift berikutnya. Jika pasien mencapai 70-100, maka separuh jumlah dokter spesialis dan separuh jumlah perawat IGD akan disiagakan.

Sekjen mengapresiasi kesiapan RSHS dalam menyambut mudik lebaran 2018.

”Semoga tidak ada pemudik yang dirawat di rumah sakit apalagi dirawat karena korban kecelakaan. Semua pemudik diharapkan sehat dan dapat selamat sampai tujuan,” kata Untung.

Pada kesempatan itu pula Sekjen meninjau fasilitas lainnya di rumah sakit tersebut seperti di antaranya CT Scan yang dalam kondisi baik dan lahan yang akan dijadikan pembangunan gedung woman and children health center. Ia pun mengapresiasi selain kesiapan mudik yang sudah bagus, juga fasilitas RS yang baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here