Lebaran ini, Menhub Budi Prediksi Pemudik Kereta Capai 4 Juta Orang

0
169
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat ditemui di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (13/3/2018)

JAKARTA, presidentpost.id – Jelang hari raya Idul Fitri 1439 H, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memimpin apel “Gelar Pasukan Masa Angkutan Lebaran Tahun 2018” pada Selasa pagi ini. Dalam sambutan, Menhub Budi menyatakan bahwa pemudik yang menggunakan kereta api diperkirakan bakal lebih dari 4 juta orang dan akan mulai melakukan perjalanan mudik mulai pada hari ini.

“PT KAI dan Direktorat Jenderal (Ditjen) Perkeretaapian Alhamdulillah sudah menyelesaikan persiapan-persiapan dengan baik dan Insya Allah ini bisa berjalan dengan baik. Tahun ini kereta api akan melayani lebih dari 4 juta penumpang, itu jumlah yang banyak,” kata Menhub Budi, di Lapangan Stasiun Gambir, Jakarta, Selasa (5/6).

Budi mengungkapkan, jumlah pemudik yang menggunakan kereta api tidak menunjukkan angka pertumbuhan yang besar dibanding tahun lalu. Dalam hitungan dia, jika sesuai dengan perkiraan maka pertumbuhannya hanya sebesar 3 persen.

Budi berpesan agar semua pihak yang terlibat bisa mensukseskan terselenggaranya mudik Lebaran dengan kereta api. Terlebih, sejauh ini kepuasan penumpang kereta api cukup tinggi.

“Alhamdulillah mayoritas penumpang merespons baik. Saya harap di musim mudik tahun ini, image baik tetap bisa dijaga terus. Karena Pak Presiden ingin mudik kita jadi mudik yang bahagia.” tutur Menhub Budi.

Untuk mewujudkannya, Budi menyatakan telah melakukan beberapa persiapan guna menjaga dan meningkatkan keselamatan pemudik.

Salah satunya dengan melakukan rail check dengan memberikan catatan dan direkomendasi. Selain itu juga menyiapkan personil di daerah yang rawan longsor.

“Semua itu kami minta kepada PT KAI untuk mempersiapkan dengan baik. Yang tidak kalah pentingnya adalah masalah keselamatan dan keamanan. Keselamatan bisa dikawal dengan kedisiplinan para awak, masinis dan sebagainya harus teliti, penjaga lintasan harus teliti sehingga keselamatan itu bisa dijaga.” kata Menhub Budi.

Keamanan pun terus dijaga dengan berkolaborasi bersama aparat berwajib. “Keamanan juga penting terbebas dari teror, saya minta kepada Polri dan TNI. Alhamdulillah seperti yang kita lihat, petugas TNI dan Polri hadir dengan harapan mereka bisa bekerjasama dengan kami.” tutup Menhub Budi. (Heros/TPP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here