Menkes Ajak Pemudik Untuk Mudik Sehat di Kampung Rambutan

0
259

JAKARTA, presidentpost.id – Ada yang beda pada hari ini, Selasa sore (5/6/18) di Terminal Kampung Rambutan Jakarta Timur. Pasalnya, Menteri Kesehatan Republik Indonesia Prof. Nila F Moeloek, menyambangi terminal tersebut mengajak masyarakat para pemudik untuk mudik sehat.

Bersama dengan para Komunitas otomotif, pencinta bus, motor dan media, Menkes berdialog bagaimana mudik sehat demi kesehatan dan keselamatan bersama.

Dalam dialog yang disampaikan, Menkes, mengatakan untuk menghadapi mudik diperlukan persiapan khusus agar dapat berjalan lancar dan menyenangkan.

“Saya mengajak seluruh masyarakat untuk bersama Pemerintah berpartisipasi dan mendukung kelancaran mudik pada tahun ini dengan bersama-sama memperhatikan kesehatan dan keselamatan masing-masing,” ujar Menkes sekaligus Ngabuburit Sehat.

Menkes menyatakan bahwa sebaiknya tidak menggunakan sepeda motor saat mudik. Namun, bilapun terpaksa harus menggunakan sepeda motor, harus membatasi barang bawaan dan menjadwalkan istirahat”, imbuhnya.

“Istirahat selama 15 menit setelah perjalanan 4 jam menggunakan mobil. Bagi pengemudi motor, istirahat setiap 2 jam. Jangan lupa cek tekanan darah. Lakukan peregangan, agar peredaran darah kembali lancar sehingga kita akan kembali segar”, imbuh Menkes.

Pada kesempatan yang sama, Menkes Nila Moeloek berdialog dengan para pengemudi bus antar kota serta para perwakilan komunitas mobil dan motor.

Salah seorang pengemudi bus, Bapak Ujang asal garut, pengemudi bus tujuan Balaraja mengatakan bahwa motivasi terkuat agar selalu mempersiapkan diri sebelum berangkat adalah karena sayang kepada keluarga.

“Saya sayang istri dan anak, Bu. Kita punya keluarga, makanya kita cari selamat”, ujar Ujang kepada Menkes.

Menkes memuji kalimat tersebut dan mengatakan bahwa kesadaran tersebut perlu diteladani oleh setiap pengemudi.

“Bagus sekali Bapak Ujang, keselamatan merupakan hal yang tidak hanya diinginkan oleh pengemudi, namun juga merupakan hak para penumpang,” puji Menkes.

Sementara itu Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kemenkes RI dr. Kirana Pritasari, dalam laporannya mengatakan ngabuburit sehat pada sore hari ini dilaksanakan bertujuan untuk menyebarluaskan informasi tentang upaya dan dukungan Kementerian Kesehatan dalam persiapan mudik pada tahun 2018 ini khususnya pesan-pesan mudik sehat aman dan selamat.

“Melalui para blogger, komunitas otomotif dan media diharapkan dari bincang-bincang ini, pesan bisa disampaikan kepada masyarakat. Kepada calon pemudik khususnya yang hadir juga di terminal ini yang akan segera berangkat ataupun para penjemput kalau ada di sini agar tahun 2018 ini bisa berjalan dengan lancar aman dan sehat,” pungkasnya.

Dalam kesempatan ini Menkes Nila F Moeloek, juga mengunjungi fasilitas kesehatan di terminal Kampung Rambutan, untuk mengecek kesiapan baik kelengkapan sarana dan prasarana sekaligus petugas kesehatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here