Modul Bifacial Mono PERC Double Glass Buatan JA Solar Raih Sertifikasi TUV Rheinland untuk Pembangkit Listrik Tenaga Surya

0
27
pv-magazine.com

BEIJING, presidentpost.id – JA Solar Holdings Co., Ltd. (Nasdaq: JASO) (“JA Solar”), salah satu produsen terkemuka dunia untuk produk listrik tenaga surya, hari ini mengumumkan bahwa kinerja modul bifacial mono PERC dengan kaca ganda (double glass) dalam menghasilkan daya listrik, telah disertifikasi oleh lembaga pengujian resmi internasional TUV Rheinland, Sabtu (9/6).

Modul PERC tersebut dipasang di pembangkit listrik tenaga surya Qinghai Yellow River Hydropower Chen Yang, kemudian diuji, dianalisis dan diverifikasi oleh TUV Rheinland selama 185 hari (dari 14 Oktober 2017 hingga 16 April 2018). Modul bifacial mono PERC double glass 5,5 MW dari JA Solar mampu menghasilkan listrik 10,5% lebih banyak dibandingkan modul mono konvensional yang menggunakan teknologi single-axis tracking.

Kinerja modul bifacial mono PERC double glass menjadi istimewa berkat sel PERC. Sisi belakang sel PERC dapat mengumpulkan cahaya matahari yang tersebar dan terpantul, menghasilkan daya listrik tambahan. Pendekatan ini dinilai efektif untuk meminimalkan levelized cost of electricity (LCOE).

Didukung oleh modul mono PERC 5,5, MW yang berefisiensi tinggi dari JA Solar, proyek pembangkit listrik tenaga surya Qinghai Yellow River Hydropower Chen Yang merupakan pembangkit listrik berskala besar pertama di dunia yang menggunakan modul bifacial mono PERC double glass.

Sebagai pemegang paten PERC, JA Solar terus melakukan penelitian dan pengembangan serta menyediakan solusi produk PERC yang canggih. Pada kuartal pertama 2017, JA Solar memproduksi modul bifacial mono PERC double glass secara massal. Modul PERC tidak hanya menghasilkan daya listrik yang tinggi, tetapi juga memiliki karakteristik yang menarik berkat struktur kaca ganda.

Modul ini tahan aus, abrasi, dan korosi, serta tahan air. Berkat karakteristik tersebut, modul PERC dari JA Solar yang berkualitas tinggi dapat digunakan di kondisi lingkungan yang ekstrim dengan suhu tinggi atau kelembaban tinggi, misalnya di padang pasir atau pesisir pantai. Hasilnya adalah pembangkit listrik yang andal dan stabil.(PRN/TPP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here