GCL New Energy Teken PPA untuk Proyek Energi Surya 110MW di Colorado

0
231

DENVER, presidentpost.id – GCL New Energy, Inc., anak usaha milik konglomerat energi bersih (clean energy) yang terkemuka di dunia GCL Group, telah menandatangani perjanjian jual-beli listrik (power purchase agreement/PPA) dengan Intermountain Rural Electric Association (IREA), perusahaan listrik setempat, dalam proyek greenfield Pioneer 110MW di Colorado.

Proyek Pioneer 110MW terletak di lahan seluas 611 hektar, berjarak 35 mil di sebelah timur Denver, Colorado. Lahannya datar dan memiliki aspek iradians yang baik. Total daya listrik tahunan yang dihasilkan dalam proyek Pioneer ini mencapai sekitar 215 juta kWh, dan berencana membuat sambungan ke jaringan listrik pada 2020. PPA ini memiliki jangka kontrak tetap tahap awal sepanjang 10 tahun, dengan 3 pilihan perpanjangan kontrak selama 5 tahun, sehingga jangka waktu kontrak berpotensi selama 25 tahun. Proyek ini tidak memerlukan deposit keamanan dan memiliki biaya sambungan ke jaringan listrik yang rendah.

Lewat proyek Pioneer ini, GCL New Energy akan memperoleh pengalaman berharga dalam pengembangan proyek greenfield di Amerika Serikat, serta dapat membuat model pengembangan bagi proyek-proyek mendatang. Proses penggarapan termasuk pembebasan lahan, studi kelayakan jaringan listrik, negosiasi dan penandatanganan perjanjian sambungan jaringan listrik, memperoleh izin penggunaan lahan serta negosiasi dan penandatanganan PPA.

Dengan mengendalikan biaya pengembangan proyek dan mengubah strategi negosiasi PPA demi menyesuaikan berbagai keadaan yang cepat berubah, GCL New Energy mengungguli sejumlah pengembang lain asal Amerika yang ternama dan telah mapan dalam proyek ini.

GCL New Energy telah mengubah strategi pengembangan proyek, dari yang sebelumnya berfokus pada pasar Tiongkok dan kini giat memperluas pasar Tiongkok dan luar negeri, serta telah meningkatkan kapasitas operasionalnya di luar negeri dalam pengembangan pembangkit energi surya. GCL New Energy telah memiliki tiga kantor pusat regional di Amerika Utara, Jepang dan Afrika. Pada 2017, perusahaan meluncurkan program bertajuk “Overseas Seeding Initiative” di beberapa pasar sasaran utama di luar negeri.

GCL New Energy juga menggerakkan target global untuk mewujudkan proyek energi surya sebesar 3GW+ pada 2020, dan giat mencari mitra strategis. Perusahaan juga menjajaki pasar domestik dan internasional bersama mitra-mitra kerja seperti Power China, CEEC, CGGC dan Shanghai Electric serta menjalin hubungan dekat dengan berbagai perusahaan kenamaan dunia seperti Mitsui, Marubeni, Softbank, ACWA, Masdar, KEPCO dan Macquarie.

Tentang GCL New Energy, Inc.

GCL New Energy, Inc. adalah anak usaha yang menjadi IPP internasional dalam energi terbarukan, dimiliki sepenuhnya oleh GCL New Energy Holdings Ltd. (0451.HK) dengan sejumlah kantor cabang di San Ramon, California. Perusahaan berfokus pada pengembangan, kepemilikan dan pengelolaan proyek energi surya berskala infrastruktur, dan berpengalaman di Amerika Serikat, Puerto Rico, Amerika Latin dan beragam pasar internasional lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here