Divisi Layanan Klinis WCG (WIRB-Copernicus Group) Bermitra dengan InformedDNA untuk Bantu Pihak Sponsor Mendesain dan Menjalankan Uji Klinis yang Lebih Efektif

0
191
photos.prnasia.com

PRINCETON, presidentpost.id – Divisi Layanan Klinis WCG® (WIRB-Copernicus Group®), penyedia solusi terkemuka di dunia yang meningkatkan kualitas dan efisiensi uji klinis secara terukur, telah menjalin kemitraan strategis dengan InformedDNA®, penyedia independen untuk layanan kepakaran genetika yang terbesar di Amerika Serikat, Senin (25/6).

Lewat kerja sama ini, kedua perusahaan akan mendirikan “Center for Genetics and Precision Medicine in Clinical Trials” demi mendukung beberapa perusahaan biofarmasi,  contract research organizations (CROs), institutions and investigator sites agar bisa merancang dan menjalankan uji klinis yang memakai genetika.

Precision medicine menuntut supaya kita merumuskan ulang proses pengembangan obat yang biasa,” kata Donald A. Deieso, PhD, Executive Chairman and CEO, WCG. “Penyakit, serta pengobatan yang direkomendasikan, harus dipertimbangkan matang-matang ketika membuat informasi genetis sang pasien secara individual. Untuk itu, kami gembira atas kerja sama dengan InformedDNA dalam melansir sejumlah solusi uji klinis yang berorientasi pada genetika. Beberapa solusi itu akan mendukung klien kami, sejalan dengan upaya mereka untuk menghadirkan prospek yang luar biasa dari precision medicine.”

Dalam kemitraan strategis ini, WCG dan InformedDNA akan meresmikan Center for Genetics and Precision Medicine in Clinical Trials, yang menyatukan sumber daya dan keahlian genetika substansial dari InformedDNA serta jaringan global WCG yang terdiri atas 550 pakar.

Dengan demikian, kerja sama itu meningkatkan uji klinis dan Knowledge Base™ yang dikembangkan sendiri. WCG memadukan pemahaman luasnya terhadap 95% protokol yang disponsori industri dengan tim kerja InformedDNA yang terdepan di industri. Tim kerja itu berupa 50 tenaga spesialis genetika yang tersebar di dalam negeri, serta bank data genetika yang lengkap di seluruh kategori pengobatan.

Secara berbarengan, para mitra akan menghadirkan wawasan dan arahan yang istimewa, menyangkut aplikasi genetika yang baik dalam uji klinis. Secara khusus, mereka akan mengatasi berbagai tantangan dan peluang ketika menerapkan informasi genetis dan desain protokol serta memanfaatkan kekuatan genetika untuk mengidentifikasi, merekrut dan mengelola para pasien dalam uji klinis.

“Dengan perkembangan precision medicine, berbagai protokol kian bertambah rumit,” kata David NixonChairman & CEO, InformedDNA. “Kerumitan ini mencerminkan berbagai tantangan dalam mendesain uji klinis yang mencakup komponen genetis, namun juga peluang memaparkan nilai yang lebih besar dalam proses lewat fokus genetika yang layak. Lewat kerja sama dengan WCG, kami akan mengajari para sponsor penelitian tentang cara menerapkan keahlian genetika dengan efektif dalam studinya, sehingga mereka dapat menghasilkan nilai maksimal dari penelitian.”

Perusahaan akan menawarkan genetika dan solusi pengembangan klinis guna meningkatkan desain protokol serta memastikan seluruh informasi genetika diterapkan dengan baik dalam desain studi. Solusi ini akan mendukung pihak sponsor untuk mengidentifikasi populasi pasien yang sulit ditemukan, mengurangi kerentanan terhadap risiko, mengidentifikasi indikasi pengobatan potensial yang lebih luas serta meningkatkan keseluruhan nilai dari setiap subjek penelitian.

Rebecca Sutphen, MD, FACMG, Chief Medical Officer, InformedDNA menambahkan, “Berbarengan dengan fokus uji klinis yang mengarah pada beberapa penyakit langka dan penyakit yang belum ada obatnya (orphan), serta personalisasi yang lebih besar, rekrutmen pasien kian menjadi tantangan penting: Bagaimana Anda menemukan dan berinteraksi dengan pasien yang tepat agar mereka ikut-serta dalam penelitian? Jelas saja, pihak sponsor uji coba dan penelitian klinis harus memanfaatkan kekuatan dari informasi genetika. Tapi pertama-tama, mereka harus menilai keahlian dan infrastruktur dalam menghimpun informasi genetis, lalu menerapkannya guna meningkatkan dan mengelola beragam metode rekrutment pasien.”

WCG memiliki rekam jejak yang terbukti dalam meningkatkan pendaftaran studi klinis untuk penyakit langka dan populasi yang sulit ditemui. InformedDNA mengelola sekumpulan data genetis yang berjaringan global serta dengan cepat memfasilitasi identifikasi pasien dengan kondisi yang unik atau langka.

Secara bersama-sama, mereka menawarkan solusi keterlibatan pasien yang memanfaatkan sejumlah keunggulan tersebut, serta kekuatan uji coba genetika dan konsultasi demi menemukan pasien untuk studi klinis berdasarkan kebutuhan genotipe/fenotipe. Mereka juga akan menawarkan konsultasi genetis dan layanan penafsiran uji coba genetis bagi pasien dan investigator. Layanan tersebut terbukti dapat meningkatkan kepuasan penyedia jasa riset dan retensi pasien.

“Upaya meletakkan dasar-dasar baru untuk mendukung pengembangan klinis dalam genetika dan precision medicine, termasuk penting demi mewujudkan dunia yang menjadi tempat bagi kehidupan tak dibatasi oleh penyakit genetis,” kata Ron PhilipHead of Commercial di Spark Therapeutics, perusahaan pengobatan gen komersial yang sepenuhnya terpadu, dan sempat bekerja sama dengan InformedDNA sewaktu Spark mempersiapkan pengobatan gen untuk memperoleh izin pertama dari FDA untuk penyakit genetika.”

“Sejumlah upaya dari WCG dan InformedDNA dalam menjamin akses terhadap uji coba dan konsultasi di bidang genetika adalah langkah penting untuk mendukung pengembangan obat-obat genetis secara klinis serta menguntungkan jutaan pasien yang menderita penyakit langka dan genetis.” (PRN/TPP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here