Wujudkan Mimpi Lulusan SMA Kerja di BUMN, PT KAI Buka Lowongan

0
1080
kumparan.com

Presidentpost.id – Bekerja di Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menjadi dambaan banyak orang. Pasalnya, bekerja di perusahaan pelat merah dipersepsikan aman dan terjamin layaknya pegawai pemerintah, namun pada sisi lain juga memberikan penghasilan yang relatif lebih besar dari PNS.

Namun sering muncul anggapan, bekerja di BUMN hanya mungkin bagi mereka yang berpendidikan tinggi. Namun PT Kereta Api Indonesia (KAI) kali ini membuka lowongan kerja khusus bagi para lulusan SMA.
Dikutip dari akun instagram Kementerian BUMN, lowongan kerja di PT KAI untuk lulusan SMA ini, diproyeksikan untuk mengisi posisi Polisi Khusus Kereta Api (Polsuska). Bagi kamu yang berminat dan memenuhi syarat, segera siapkan lamaran berikut persyaratannya, karena Senin (2/7) besok merupakan hari terakhir pengajuan lamaran kerja.
Untuk melamar posisi tersebut, ketahui syarat-syaratnya berikut ini:
1. Warga Negara Indonesia (WNI)
2. Jenis kelamin pria
3. Memiliki ijazah setingkat SLTA (SMA/MA/SMK/MAK) seluruh jurusan dan nilai NEM/UAN rata-rata minimal 6,0
4. Usia pelamar per 1 Juli 2018 minimal 18 tahun dan maksimal 25 tahun
5. Memiliki tinggi badan minimal 165 cm
6. Sehat jasmani/rohani
7. Berkelakuan baik
8. Tidak terlibat narkoba atau psikotropika
9. Tidak bertato dan tidak bertindik
10. Tidak pernah dihukum penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap
11. Tidak pernah diberhentikan di anak perusahaan atau institusi lainnya dikarenakan hukuman disiplin
12. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah kerja PT Kereta Api Indonesia (Persero)
13. Bersedia mengundurkan diri dari hubungan kerja dengan institusi lainnya apabila telah memenuhi persyaratan dan dinyatakan lulus seleksi
14. Lulus dalam seleksi calon pekerja baru yang diselenggarakan oleh panitia recruitment PT Kereta Api Indonesia (Persero) tahun 2018.
Adapun dokumen yang harus disiapkan untuk pengajuan lamaran:
1. Ijazah SLTA asli atau fotocopy legalisir
2. NEM/UAN asli atau fotocopy legalisir
3. Kartu tanda penduduk (KTP) yang masih berlaku
4. Pas foto berwarna terbaru.
Tahapan Seleksi:
-Tahap 1 : Seleksi Administrasi
– Tahap 2 : Seleksi Kesehatan Awal
– Tahap 3 : Seleksi Psikologi
– Tahap 4 : Seleksi Wawancara
– Tahap 5 : Seleksi Kesehatan Akhir
Prosedur Pelaksanaan Rekrutmen:
1. Calon pelamar yang belum memiliki akun, terlebih dahulu melakukan registrasi dan upload dokumen sesuai persyaratan umum lamaran (Buku Panduan Rekrutmen Online dapat di-download pada menu PANDUAN – Panduan Registrasi dan Apply Lowongan).
2. Calon pelamar wajib memastikan bahwa e-mail yang digunakan pada saat registrasi adalah e-mailaktif dan data yang diinput harus sesuai identitas diri seperti KTP, Ijazah, dan lain-lain, serta tidak melakukan perubahan data/dokumen setelah melakukan apply sampai proses rekrutmen selesai.
3. Calon pelamar yang sudah memiliki akun di website https://recruitment.kai.id/ harus memastikan bahwa dokumen persyaratan umum lamaran sudah di-upload di akun pelamar yang ada di website.
4. Bagi calon pelamar yang berminat mengikuti rekrut sesuai formasi yang ditawarkan, wajib melakukan proses apply pada akun masing-masing mulai tanggal 27 Juni s.d 2 Juli 2018 dan hanya bisa mengikuti 1 event rekrut saja.
5. Bagi calon pelamar yang sudah melakukan upload dan melengkapi data, tetapi tidak melakukan proses apply di akunnya pada tanggal 27 Juni s.d 2 Juli 2018, maka dianggap tidak mengikuti kegiatan rekrut ini.
6. Lokasi Seleksi berdasarkan pemilihan lokasi daerah (Jakarta, Bandung, Cirebon, Semarang, Purwokerto, Yogyakarta, Madiun, Surabaya, Jember, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Palembang, dan Tanjungkarang) oleh pelamar pada saat melakukan apply (Pendaftaran) dan kebijakan Panitia Recruitment.
7. Pelamar yang lulus seleksi tahap I (Seleksi Administrasi) berhak mengikuti seleksi tahap II (Seleksi Kesehatan Awal) yang akan diumumkan melalui website https://recruitment.kai.id/ rencana tanggal 13 Juli 2018.
8. Rekrutmen PT Kereta Api Indonesia (Persero) tidak dipungut biaya apapun dan tidak menggunakan sistem refund atau penggantian biaya transportasi maupun akomodasi yang berkaitan dengan pelaksanaan recruitment dan dimohon untuk mengabaikan pihak-pihak yang menjanjikan dapat membantu meluluskan peserta rekrut.
9. Seleksi penerimaan pekerja menggunakan sistem gugur dan keputusan panitia tidak dapat diganggu gugat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here