Pelindo 1 Tanjung Pinang Terapkan e-Money di Pelabuhan

0
246
http://pressrelease.id

Presidentpost.id – PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 Cabang Tanjung Pinang dengan dukungan perbankan melakukan pembagian kartu e-money secara gratis kepada masyarakat. Hal ini dilakukan untuk mendukung penerapan e-money di pelabuhan tersebut. Sebanyak 2.000 keping kartu uang elektronik atau e-money dibagikan di Terminal Penumpang Sri Bintan Pura, Tanjung Pinang pada Rabu, 4 Juli 2018.

General Manager Pelindo 1 Cabang Tanjung Pinang, I Wayan Wirawan menjelaskan bahwa pembagian uang elektronik gratis ini merupakan upaya untuk mendukung transaksi elektronik yang diterapkan di Terminal Penumpang Sri Bintan Pura, Tanjung Pinang. “Pada bulan Juni lalu, kami telah melakukan soft launching pemberlakuan sistem transaksi elektronik e-pass untuk pembayaran pas masuk pelabuhan. Sistem ini merupakan pilot project untuk transaksi non tunai yang pertama kali diterapkan di seluruh pelabuhan di Indonesia,” jelas I Wayan Wirawan.

Mulai 15 Juli 2018, pembayaran pas masuk pelabuhan di Terminal Penumpang Sri Bintan Pura dilakukan secara elektronik atau e-pass. Sistem transaksi non tunai yang diterapkan di Terminal Penumpang Sri Bintan Pura ini disambut baik oleh Bank Indonesia untuk mendukung pemerintah mensukseskan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT). Sehingga, untuk mendukung kesuksesan program tersebut, Pelindo 1 Cabang Tanjung Pinang membagikan kartu e-money gratis kepada masyarakat.

“Untuk pemanfaatan gerakan non tunai di pelabuhan ini, Pelindo 1 bekerja sama dengan sejumlah Bank membagikan 2.000 kartu e-money gratis yang mendorong masyarakat untuk memanfaatkan transaksi di pelabuhan ini. Untuk menggunakan kartu e-money tersebut, masyarakat cukup menempelkan kartu ke mesin yang tersedia, maka secara otomatis kertas pas masuk pelabuhan keluar dari mesin. Ke depannya, kami juga akan menerapkan e-parking, e-ticket¬, dan distribusi pembayaran elektronik lainnya sehingga menjadikan Terminal Penumpang Sri Bintan Pura ini menjadi smart terminal untuk langkah yang efektif dan efisien,” terang I Wayan Wirawan.

Pada kesempatan yang lalu, Terminal Penumpang Sri Bintan Pura juga telah menerapkan sistem e-berthing yang digunakan untuk pelayanan tambatan kapal secara online yang bisa diakses dengan menggunakan smartphone. ACS Humas Pelindo 1, Fiona Sari Utami menambahkan bahwa sistem transaksi elektronik di Terminal Penumpang Sri Bintan Pura ini mendorong Pelindo 1 untuk melakukan modernisasi dengan melakukan digitalisasi pada setiap pelabuhannya. “Kami merencanakan dengan penerapan e-money menjadi langkah untuk modernisasi pelabuhan yang nantinya akan menjadi standar terminal penumpang yang berada di seluruh wilayah operasional Pelindo 1,” tambah Fiona Sari Utami.

Tentang PT Pelabuhan Indonesia I (Persero)

(BUMN) yang mengelola jasa kepelabuhanan di Indonesia bagian barat. Pelindo 1 berkantor pusat di Medan dan memiliki wilayah operasi di 4 provinsi yang meliputi Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Riau daratan dan Riau Kepulauan, serta mengelola 16 cabang pelabuhan, 11 kawasan pelabuhan/ perwakilan dan mengelola 1 (satu) unit usaha yaitu UGK (Unit Usaha Galangan Kapal) dan RSPM (Rumah Sakit Pelabuhan Medan) serta 6 (enam) Anak Perusahaan, yaitu PT Terminal Petikemas Indonesia (TPI), PT Prima Terminal Petikemas (PTP), PT Prima Multi Terminal (PMT), PT Prima Indonesia Logistik (PIL), PT Prima Pengembangan Kawasan (PPK), dan PT Prima Husada Cipta Medan (PHCM).

Pelayanan Pelindo 1 meliputi pelayanan kapal, pelayanan barang, pelayanan penumpang dan jasa kepelabuhanan lainnya. Pelindo I mempunyai lokasi strategis di Selat Malaka, yang merupakan selat tersibuk dalam lalu lintas perdagangan dunia dan saat ini sedang mengembangkan pelabuhan Kuala Tanjung sebagai pelabuhan Hub Port Indonesia bagian barat, serta mempunyai pintu utama eksport CPO ke seluruh dunia, yaitu melalui pelabuhan Belawan dan Dumai.

Saat ini Pelindo 1 dalam upaya meningkatkan produktivitas pelayanan secara terus menerus, telah melakukan inovasi dengan menambahkan peralatan dan perpanjangan fasilitas dermaga sehingga untuk meningkatkan produktivitas yang lebih efektif dan efisien. Pengembangan secara kontinu ini juga untuk mendukung suksesnya program pemerintah dalam percepatan pembangunan nasional dan mendukung kebijakan Pemerintah terutama dalam program tol laut untuk memperkuat konektivitas nasional dan menciptakan biaya logistik nasional secara efisien dan efektif serta meningkatkan daya saing nasional.

Pelindo 1, Indonesia Gateway

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here