Menanamkan Semangat Konservasi ke Mahasiswa President University

0
88
President University menyelenggarakan kegiatan Guest Lecture “Planting the Seed of Conservation”

CIKARANG, presidentpost.id – Dalam rangka menumbuhkan semangat cinta lingkungan dan konservasi alam di kalangan mahasiswa,  President  University menyelenggarakan kegiatan Guest Lecture “Planting the Seed of Conservation” pada hari Senin 9 Juli 2018 dengan menghadirkan pembicara Deniek G. Sukarya, fotografer landscape & nature sekaligus pemerhati lingkungan.

Besarnya potensi keanekaragaman hayati tanaman, pohon dan bunga di Indonesia khususnya yang berasal dari provinsi Jawa Barat dapat menjadi peluang mahasiswa yang memiliki kepedulian dan semangat untuk mewujudkan pelestarian alam dan cinta lingkungan. President University mendukung setiap aktifitas untuk mengembangkan area konservasi atau botanical garden di sekitar area kampus di Jababeka. Dengan adanya area konservasi atau botanical garden jelas bermanfaat sebagai area hijau di tengah kawasan industri sekaligus menjadi salah satu tujuan wisata alam menyehatkan dan edukatif.

Dalam presentasi, Deniek G. Sukarya menekankan kepada mahasiswa perlu ada keingintahuan dan rasa mencintai alam terlebih dahulu dan setelah itu baru muncul semangat konservasi.

“Semangat konservasi adalah dedikasi dari hati untuk membantu menjaga lingkungan kita sehat bagi anak-anak kita, dan generasi yang akan datang,” jelas Deniek dihadapan segenap mahasiswa President University yang hadir.

Deniek juga menyinggung bahwa Jababeka dapat menjadi lokasi yang cocok untuk membangun area khusus konservasi alam. Apalagi belum ada kawasan industri di Indonesia yang juga memiliki area khusus konservasi alam di satu wilayah yang sama. “Idealnya ada area konservasi atau botanical garden di Jababeka,” jelas Deniek.

Menurut Deniek, untuk membangun masterplan botanical garden dapat mengikuti standar dan persyaratan yang dikeluarkan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Apabila persyaratan lahan terpenuhi untuk pembangunan fisik dapat dibantu oleh Kementerian Pekerjaan Umum. Sebagai informasi, saat ini Deniek juga tengah menjadi konsultan pembangunan botanical garden Jagatnatha di Kabupaten Jembrana, Bali.

Deniek juga menyarankan beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membangun botanical garden yakni jenis pohon, bunga atau buah yang ditanam harus sesuai dengan endemic lokal, harus tetap mengedepankan pembangunan yang alami serta pentingnya tenaga ahli yang memang memahami teknik konservasi.

Saat ini di kawasan Industri Jababeka, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, menjadi kawasan eko-industri modern pertama kali dibangun oleh perusahaan swasta di Indonesia. Dikembangkan oleh PT. Jababeka sejak tahun 1989 di atas lahan 5.600 hektar, sampai saat ini Jababeka masih tetap menjadi kawasan industri yang terbesar di Asia Tenggara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here