GIIAS Jadi Wadah Sosialisasi dan Kebijakan Industri Otomotif di Tanah Air

0
48
Gelaran Pameran Industri Otomotif di Tanah Air, GIIAS. (foto Istimewa)

JAKARTA, presidentpost.id – Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang akan kembali digelar pada 2 – 12 Agustus 2018 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang, dapat menjadi wadah sosialisasi dan kebijakan industry otomotif di tanah air.

Menghadirkan 40 kendaraan dan mobil konsep terbaru, puluhan kendaraan tersebut akan meluncur bersama GIIAS bertema Beyond Mobility sebagai gerakan evolusi kendaraan bermotor, dari alat transportasi menjadi kontribusi guna mendorong percepatan kualitas kehidupan manusia.

“Kami ingin agar GIIAS dapat menjadi tempat mensosialisasikan berbagai informasi dan kebijakan terbaru dari industri otomotif Indonesia. Tujuannya agar mendapatkan pengertian dan dukungan dari publik, demi pertumbuhan positif industri otomotif Indonesia”, ujar Ketua Umum Gaikindo Yohanes Nangoi di Jakarta, Selasa.

Pameran kali ini akan diikuti 25 agen pemegang merek (APM) kendaraan di Indonesia antara lain Audi, BMW, Chevrolet, Daihatsu, Datsun, DFSK, Honda, Hyundai, Isuzu, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, Mini, Mitsubishi Motors, Nissan, Suzuki, Toyota, VW, Wuling, serta kendaraan niaga dari FAW, Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Tata Motors, dan UD Trucks.

“Hal ini menekankan GIIAS sebagai pijakan terbaik untuk meluncurkan kendaraan dan teknologi terbaru, dan saat ini tercatat lebih dari 40 kendaraan baru dan konsep yang diluncurkan di GIIAS 2018, yang tentunya akan mencerminkan teknologi Beyond Mobility,” kata Rizwan Alamsjah, Ketua III GAIKINDO yang juga menjabat Ketua Penyelenggara GIIAS 2018.

Menurut dia, Rizwan, beberapa kendaraan akan melakukan debut dunia di GIIAS 2018 dan sebanyak delapan sepeda motor terbaru juga akan meluncur pada pameran itu.

Deklarasi EURO 4

Selain memajang berbagai teknologi dan produk otomotif terkini, penyelenggaraan GIIAS 2018 menjadi tanda dua agenda penting dalam industri otomotif di Indonesia yaitu deklarasi penerapan bahan bakar EURO 4 dan peluncuran Alat Mekanik Multiguna Pedesaan (AMMDes).

“Yang pertama adalah deklarasi yang menandai Indonesia telah memasuki era Euro 4, sebuah langkah yang sangat penting untuk pertumbuhan industri otomotif Indonesia,” kata Nangoi.

“Dan yang kedua, pemerintah berencana akan meluncurkan Alat Mekanik Multiguna Pedesaan (AMMDes), sebagai satu lagi pencapaian industri di Indonesia. Kedua momen tersebut memberikan kebanggaan tersendiri bagi Gaikindo,” tambah Nangoi.

Menurut rencana, GIIAS 2018 akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo untuk menandai dua agenda penting tersebut.

GIIAS 2018 juga memperkenalkan inovasi teknologi dalam sebuah arena yang disebut Beyond Mobility Area, untuk mendemonstrasikan keunggulan teknologi kepada pengunjung lewat interaksi langsung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here