Hasil Litbang Sebut Enam Unggulan Kemenperin Ini Patut Dipakai Industri Nasional

0
208

JAKARTA, presidentpost.id – Kementerian Perindustrian terus memacu unit pelayanan teknisnya, Balai Besar serta Balai Riset dan Standardisasi (Baristand) Industri, agar lebih aktif melakukan kegiatan penelitian dan pengembangan (litbang) yang dapat dimanfaatkan oleh sektor manufaktur. Upaya ini sebagai bagian implementasi peta jalan Making Indonesia 4.0 untuk menumbuhkan ekosistem inovasi.

”Jadi, kami akan memfasilitasi pelaku industri nasional supaya bisa menggunakan hasil riset kami sesuai perkembangan teknologi terkini. Tujuannya guna meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses produksi sehingga menghasilkan produk yang semakin bermutu dan bernilai ekonomis tinggi,” kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kemenperin, Ngakan Timur Antara di Jakarta, Rabu (25/7).

Ngakan meyakini, pemanfaatan teknologi dari hasil kegiatan litbang menjadi salah satu faktor penunjang bagi industri nasional menghasilkan diversifikasi produk, berperan di dalam rantai pasok, dan berdaya saing global. Apalagi dalam menghadapi era baru revolusi industri 4.0. ”Selain itu, nantinya kita dapat mengurangi ketergantungan terhadap produk impor,” ujarnya.

Sebagai bentuk apresiasi terhadap hasil litbang unggulan yang diciptakan oleh Balai Besar dan Baristand Industri, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyerahkan enam penghargaan kepada UPT di bawah binaan BPPI pada ajang Innofest 2018. Penilaian tersebut dilakukan oleh tim yang berasal dari berbagai latar belakang kepakaran, meliputi pelaku industri dan akademisi.

”Adapun aspek penilaiannya, antara lain ide penelitian, metodologi pengembangan, status teknologi, kesiapterapan teknologi, proses paten, kelaikan ekonomi, serta kelaikan sosial dan ekonomi,” ungkap Ngakan.

Keunggulan hasil penelitian ini, yaitusistem sterilisasi ozonisasi menggunakan konsep green product treatment tanpa menggunakan bahan kimia, menghilangkan cemaran mikroba, mudah, murah dan tidak menimbulkan produk samping, serta tidak merusak komponen bioaktif.

Sistem tersebut sebagai sterilisator multi fungsi, yaitu sebagai sterilisasi produk cair dan padat baik berupa serbuk kasar, serbuk halus, maupun kristal dengan ukuran lebih besar. Dengan sistem “All in One Product”, satu unit sterilisator dapat diaplikasikan untuk berbagai jenis industri seperti makanan, minuman, farmasi, kesehatan, kosmetik, dan lain-lain.

 ”Sistem Sterilisasi Ozonisasi untuk Mikroalga: Metode Yang Efektif, Mudah, dan Ramah Lingkungan dalam Mensterilkan Serbuk Spirulina untuk Industri Farmasi”. (Heros/TPP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here