Wali Kota Medan Canangkan Kampanya Imunisasi MR

0
238
foto: pemkomedan.go.id

MEDAN, presidentpost.id – Wali Kota Medan Drs.H.T. Dzulmi Eldin S, M.SI mencanangkan Kampanye Imunisasi Measles dan Rubella (MR) di Sekolah Khairul Imam, Jalan Suka Teguh, Medan Johor, Rabu (01/8). Kampanye Imunisasi Penyakit Campak dan Rubella ini dilakukan sebagai komitmen Indonesia untuk mewujudkan eliminasi Campak dan pengendalian Rubella secara global di tahun 2020.

Pencanangan Kampanye ini dihadiri Anggota DPR RI, Hasrul Azwar, mewakili Kementerian RI, Endah I.P, Kadis Kesehatan drg. Usma Polita Nasution, Pimpinan OPD lingkungan Kota Medan, Mitra Organisasi Profesi, dan Tokoh Masyarakat. Dikatakan Wali Kota, kampanye Imunisasi Measles Rubella ini akan dilaksanakan selama 2 bulan dari bulan Agustus hingga bulan September 2018, dengan sasaran seluruh anak usia 9 sampai dengan 15 tahun. Untuk bulan Agustus anak sekolah PAUD, TK, SD dan SMP, sedangkan Bulan September sasarannya adalah posyandu, lapas anak dan dimana tempat berada anak – anak.

Menurut Wali Kota, Kampanye Imunisasi MR ini merupakan gerakan nasional yang memerlukan dukungan semua pihak lintas sektoral dan masyarakat secara keseluruhan. Oleh sebab itu melalui kegiatan ini saya menghimbau semua pihak untuk dapat berperan aktif dalam mensukseskan kampanye Imunisasi MR tahun 2018 di Kota Medan sehingga diharapkan akan tercapai eliminasi Campak dan pengendalian Rubella di Kota Medan.

Kepada Camat, TP PKK Kota Medan, Kepala Sekolah dan Kepala Puskesmas sebagai Kota Medan diharapkan dukungan penuh untuk melakukan Sosialisasi pengerahan sasaran kampanye Imunisasi MR dan pelaksanaan yang optimal di lapangan. Selain itu untuk mengoptimalkan dapat mengunjungi rumah di setiap wilayah untuk menjamin semua anak usia 9 sampai 15 tahun sudah mendapat imunisasi MR”, kata Wali Kota, dikutip dari pemkomedan.go.id.

Kemudian Wali Kota juga berharap kepada Organisasi Profesi yang ada di Kota Medan juga mensosialisasikan pentingnya kampanye imunisasi MR kepada masyarakat dan terlibat aktif dalam pelayanan imunisasi MR berkoordinasi dengan Puskesmas di wilayah tempat tinggal masing – masing.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan, drg. Usma Polita Nasution dalam laporannya mengatakan Kampanye Imunisasi MR bertujuan untuk memutuskan transmisi penularan virus Campak dan Rubella yang ada di masyarakat. Dimana sasarannya adalah anak usia 9 tahun sampai 15 tahun. Untuk Kota Medan tahun ini sasaran Kampanye Imunisasi MR ini berjumlah 585.641 anak. Selain itu juga akan dilakukan di 2.230 sekolah dan 1376 Pos di seluruh Kota Medan termasuk Posyandu dan Puskemas.

Mengingat ini kegiatan Nasional dan harus mencapai 95 persen, maka diharapkan peran seluruh pihak untuk mensukseskan Kampanye Imunisasi MR tersebut”, ujar Usma Polita. Pencanangan Kampanye Imunisasi Measles Rubella ini ditandai dengan Pelepasan Balon udara oleh Wali Kota Medan. Selanjutnya Wali Kota Medan bersama Anggota DPR RI serta Kadis Kesehatan meninjau pelaksanaan penyuntikan Imunisasi Measles Rubella kepada siswa Sekolah Islam Khairul Imam. (TPP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here