Bupati Batang: Pembangunan Daerah Tidak Lepas Dari Peran Komunitas Medsos

0
196
foto: batangkab.go.id

BATANG, presidentpost.id – Dalam rangka peningkatan investasi, pengembangan pariwisata dan peningkatan Indek Pembangunan Manusia (IPM), Pemerintah Kabupaten Batang akan menggandeng Komunitas Media Sosial (Medsos), untuk ikut mempromosikan segala keunggulan yang dimiliki suatu daerahkepada masyarakat luas.

Pernyataan ini disampaikan oleh Bupati Batang, Wihaji saat menjadi pembicara utama pada kegiatan Badan Koordinasi Kehumasan (Bakohumas) dan Penggiat Media Sosial di Aula Hotel Dewi Ratih Kabupaten Batang, Senin (30/7).

“Selama memberikan kontribusi positif seperti penamaan (branding), prioritas dan manfaatnya jelas, teman-teman Komunitas Medsos pasti akan memperoleh dukungan dari OPD-OPD terkait, berupa masukan serta berbagi informasi melalui media sosial,” ungkap Bupati Batang, Wihaji.

Menurut Bupati Batang, pembangunan suatu daerah tidak lepas dari peran komunitas media sosial. Di beberapa Kabupaten/Kota proses pembangunannya juga mengikutsertakan para komunitas media sosial yang dinilai sangat tepat karena bagi Generasi Millenial atau Generasi Y, sangat dekat dengan teknologi informasi.

“Demikian pula untuk membangun Kabupaten Batang, tidak bisa dilakukan sendiri, pasti butuh bantuan dari berbagai pihak, salah satunya Komunitas Medsos,” tegas Bupati Batang, Wihaji.

Lebih lanjut, Bupati Batang menuturkan, bahwa Pemkab Batang siap memfasilitasi semua diskusi dengan Komunitas Medsos dalam bentuk “Gathering Medsos”.

“Di bidang pariwisata kita bisa mengangkat potensi Batang dengan sedikit memberi sentuhan “mistik” pada kebudayaan di suatu daerah, ditambah pengemasan yang menarik yaitu wisatawan harus menyesuaikan adat tradisi jika berkunjung,” pungkas Bupati Batang, Wihaji.

Sementara, Gasta, dari Komunitas Modsos “Insta Batang” menyarankan, perlu ada koordinasi sebagai pintu gerbang untuk saling mengisi antara Pemkab dengan Komunitas Medsos.

“Saya sangat setuju jika diadakan “Gathering Medsos”, agar saling bersinergi untuk membangun Kabupaten Batang dengan bantuan teman-teman media sosial,” ujarnya.

Gasta meminta agar Komunitas Medsos dilibatkan saat Bupati Batang, Wihaji dan Wakil Bupati Batang, Suyono melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke desa-desa. Harapannya, supaya bisa ikut mendokumentasikan kegiatan yang membangun ke media sosial. Terlebih yang berhubungan langsung dengan potensi desa, agar bisa terangkat dan dikenal warga media sosial.

Menurutnya, kebudayaan Kabupaten Batang belum sepenuhnya terangkat keluar. Seperti yang disampaikan Bupati Batang Wihaji, dengan mengenalkan budaya membatik, mengekspos situs-situs bersejarah yang dibumbui sedikit unsur “mistik”.

“Sehingga menambah rasa ketertarikan dan rasa penasaran wisatawan untuk berkunjung ke sebuah destinasi wisata,” terangnya, dikutip dari batangkab.go.id.

Gasta mengingatkan kepada generasi muda yang ingin bergabung dalam Komunitas Medsos ketika mempromosikan Batang, harus mengedepankan etika jurnalistik, jangan menyampaikan berita bohong dan selalu memberikan informasi positif. (TPP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here