Bank BTN Kenalkan Potensi Ekonomi dan Wisata Daerah ke Siswa

0
183
Menyambut HUT RI ke-73, Bank BTN menyukseskan serangkaian program BUMN Hadir Untuk Negeri, salah satunya adalah Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN).

BENGKULU, presidentpost.id – Menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke -73, PT Bank Tabungan Negara (Persero) atau Bank BTN menyukseskan serangkaian program BUMN Hadir Untuk Negeri, salah satunya adalah Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN). Program yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2015 merupakan program pertukaran siswa yang diinisiasi Kementerian BUMN yang bertujuan menanamkan rasa bangga dan cinta tanah air kepada siswa SMA/SMK/SLB.

Tahun ini, Bank BTN melibatkan 23 siswa-siswi Provinsi Bengkulu yang terpilih dari 60 siswa yang telah diseleksi mengikuti program SMN untuk diberangkatkan ke Mamuju, Sulawesi Barat. Siswa tersebut akan mengikuti rangkaian kegiatan SMN selama kurang lebih 12 hari di Mamuju dan ibukota Jakarta.

“Kami sangat bangga dengan para siswa-siswi Bengkulu yang antusias mengikuti program SMN, kami harap mereka mendapat pengalaman berharga dengan belajar dan mengeksplorasi seni dan budaya daerah lain dan mengenal beragam potensi ekonomi dan wisata daerah,” kata Direktur Bank BTN, Dasuki Amsir saat melepas siswa-siswi peserta SMN di Kota Bengkulu.

Pada kesempatan yang sama, Dasuki juga mengapresiasi jajaran Pemerintah Provinsi Bengkulu  yang terlibat dalam menyukseskan Program SMN di Bengkulu, mulai dari proses seleksi, pelepasan hingga penerimaan SMN. “Kerjasama dan koordinasi serta kekompakan yang ditunjukkan Pemprov Bengkulu sangat baik menyukseskan serta mendukung program SMN, kami harapkan Bengkulu dapat lebih maju dan berkembang lewat Progam BUMN Hadir untuk Negeri,” kata Dasuki.

Siswa yang terpilih mengikuti SMN sebanyak 23 orang, di antaranya 20 pelajar yang duduk di kelas XI dan tiga pelajar difabel dari SLB.  Para siswa SMN dari Bengkulu di Mamuju dijadwalkan akan mengunjungi sejumlah  lokasi penting, di antaranya objek wisata  Lombang-lombang, Alam Kanang, pulau Karampuang, Pantai Manakarra dan situs sejarah seperti Masjid Imam Lapeo, dan study tour melihat langsung pabrik cokelat dan beras, serta studi banding ke sejumlah sekolah unggulan di Mamuju.

Para siswa juga mendapat kesempatan memelajari proses tenun Sutera Mandar khas Mamuju.  Selama di Mamuju, para siswa akan didampingi oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. “Program SMN tahun ini berbeda karena sarat dengan ilmu yang diharapkan dapat lebih menguatkan jiwa nasionalisme diantaranya materi Bela Negara seperti penerapan ideologi Pancasila, dan Bhinneka Tunggal Ika dalam kehidupan sehari-hari dan nilai-nilai kebangsaan yang bisa meningkatkan kecintaan mereka terhadap tanah air,” kata Dasuki.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here