Komitmen Dubes RI akan Tingkatkan Kerja Sama Bidang Pertanian dengan Kamboja

0
219
dubes RI

PHNOM PENH, Presidentpost.id – Dubes RI telah mengadakan courtesy call kepada Menteri Pertanian, Kehutanan dan Perikanan Kamboja, H.E. Mr. Veng Sakhon pada 8 Agustus. Pertemuan membahas berbagai hal terkait kerja sama bidang pertanian, perikanan dan kehutanan dan sepakat untuk mengeksplorasi lebih lanjut berbagai kerja sama konkret di bidang tersebut dengan salah satunya memanfaatkan momentum peringatan HUT ke-60 hubungan Diplomatik RI-Kamboja pada 2019 mendatang. Kedua pihak juga sepakat untuk mempelajari lebih lanjut pembentukan payung hukum/MoU kerja sama pertanian.

Menteri Veng Sakhon mengawali pertemuan dengan menyampaikan bahwa Indonesia dan Kamboja umumnya memiliki kesamaan di bidang pertanian. Lebih lanjut, Menteri Veng Sakhon menyatakan bahwa Indonesia memiliki lebih banyak pengalaman dan oleh karenanya Kamboja ingin belajar lebih banyak dari Indonesia kaitannya dengan pengelolaan hasil pertanian, pengembangan sektor perikanan dan manajemen kehutanan. Kamboja memiliki komoditas ekspor unggulan di bidang pertanian antara lain beras, karet dan singkong/ketela. Sebagai salah satu sektor penunjang pertumbuhan ekonomi Kamboja, sektor pertanian Kamboja masih memiliki banyak tantangan seperti kemampuan pengelolaan hasil panen, fasilitas pergudangan, peralatan pertanian yang belum memadai dan semakin berkurangnya jumlah petani seiring berkembang pesatnya sektor industri Kamboja.

​Dubes RI menyampaikan apresiasi atas kerja sama di bidang pertanian dan perikanan yang selama ini telah terjalin antara kedua negara. Dubes RI menambahkan bahwa selama ini di tingkat pejabat terkait dan praktisi kedua negara telah terjalin komunikasi dan kerja sama teknis melalui berbagai program capacity building yang diikuti oleh peserta dari Kamboja di Indonesia. Dubes RI menyampaikan masih terdapat ruang untuk mengekplorasi lebih lanjut berbagai kerja sama konkret di bidang pertanian, perikanan dan kehutanan. Untuk itu, dipandang perlu dikaji sebuah MoU yang dapat menjadi payung kerja sama kedua negara di bidang tersebut. Selanjutnya, Dubes RI menyampaikan harapannya agar dalam rangka momentum peringatan HUT ke-60 hubungan Diplomatik RI-Kamboja pada tahun 2019 mendatang, KBRI dan Kementerian Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kamboja dapat melakukan kegiatan bersama seperti seminar dan workshop untuk bertukar pikiran dan pengalaman di bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here