Integrasi ASEAN Dikagumi oleh Afrika Selatan

0
153
kemlu.go.id

PRETORIA, Presidentpost.id – Peringatan hari lahirnya ASEAN tanggal 8 Agustus 2018 atau ASEAN Day telah diselenggarakan oleh Perwakilan negara-negara ASEAN di Pretoria, Afrika Selatan, yang tergabung dalam ASEAN Pretoria Committee (APC) bertempat di Blue Valley Golf and Country Estate. Acara yang di-host oleh Duta Besar Malaysia, Y.M. Mohamad Nizan Mohamad, selaku Chairman APC dihadiri oleh Acting Wakil Direktur Jenderal Asia dan Timur Tengah, Duta Besar M. Genge, sebagai Tamu Kehormatan (Guest of Honour) mewakili Pemerintah Afrika Selatan.

Dalam sambutannya, Chairman APC menyampaikan bahwa sejak terbentuk 51 tahun yang lalu di Bangkok, Thailand, ASEAN telah tumbuh menjadi organisasi regional yang berkembang pesat baik secara politis maupun ekonomi. Dalam bidang politik, negara-negara anggota ASEAN semakin dewasa dengan menjalani proses reformasi dan demokratisasi, sedangkan dalam bidang ekonomi, kawasan ASEAN telah tumbuh menjadi emerging economy yang diprediksi akan menjadi pasar terbesar ke-empat di dunia pada tahun 2030. Disamping itu, ASEAN juga berhasil membangun dan membina hubungan kemitraan komprehensif dengan negara-negara industry maju lainnya, seperti Amerika Serikat, Canada, Russia, Jepang, China, Korea, dan Uni Eropa. Dalam konteks kerangka hubungan dengan Afrika Selatan, Chairman APC menyambut baik penyerahan surat kepercayaan Duta Besar Afrika Selatan untuk Indonesia, Dr. Hilton Fisher, sebagai Duta Besar Republik Afrika Selatan untuk ASEAN pada tanggal 17 Juli 2018 kepada Sekretaris Jenderal ASEAN di Jakarta. Hal ini, menurut Chairman APC, merupakan bukti kuat keseriusan Afrika Selatan untuk meningkatkan hubungannya dengan ASEAN.

Sementara itu, dalam sambutan balasannya,  Duta Besar M. Genge, menyampaikan bahwa sejarah hubungan antara Afrika dengan ASEAN sudah terlihat cikal bakalnya sejak diselenggarakannya Konperensi Asia Afrika tahun 1955 di Bandung. Sejak saat itu hubungan kedua kawasan berkembang dengan pesat. Keberhasilan bangsa-bangsa Asia Tenggara membentuk sebuah kawasan yang terintegrasi sehingga berhasil tumbuh menjadi kawasan yang dinamis saat ini, menjadi pelajaran yang sangat berharga bagi Afrika Selatan untuk menimba pengalaman bagi pengembangan kerjasama serupa di Kawasan Afrika. Duta Besar Genge lebih lanjut menegaskan bahwa arti penting ASEAN bagi Afrika Selatan juga tercermin dari peringatan 25 tahun hubungan diplomatik Afrika Selatan dengan 4 (empat) negara ASEAN (Malaysia, Philippina, Thailand, Vietnam) pada tahun 2018 ini yang bertepatan dengan peringatan 100 tahun dua tokoh pejuang Afrika Selatan, Nelson Mandela dan Albertina Sisulu.
Perayaan ASEAN Day terasa semakin akrab dan meriah dengan disajikannya hidangan khas dari 7 (tujuh) negara ASEAN yang disiapkan oleh Perwakilan negara-negara ASEAN di Pretoria yang mendapat apresiasi dari tamu undangan yang terdiri dari perwakilan jajaran pemerintah, kalangan diplomatik, pelaku usaha dan mitra dari masing-masing Perwakilan negara-negara ASEAN. Dan bagi warga ASEAN yang hadir, sajian tersebut dapat mengobati kerunduan terhadap kampung halaman mereka.(Kemlu/TPP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here