Kesetaraan Gender Penting Bagi Ekonomi

0
118
Kemenkeu.go.id

SURABAYA, Presidentpost.id – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan bahwa kesetaraan gender sangat penting bagi ekonomi pada Seminar Voyage to Indonesia bertajuk Women’s Participation for Economic Inclusiveness di Surabaya, Kamis (02/08).

Menurutnya, kesetaraan gender bukan hanya menjadi masalah moral tetapi juga menjadi isu pembangunan karena ketiadaan kesetaraan gender dapat menimbulkan economic loss.

“Indonesia sudah mencapai kemajuan dalam kesetaraan gender untuk pendidikan dengan semakin imbangnya jumlah siswa perempuan dan laki-laki di sekolah. Namun, di dunia kerja hanya sekitar 50% perempuan yang bekerja dan dengan upah lebih rendah,” ujarnya prihatin.

Oleh karena itu, untuk memberikan kesempatan yang sama pada perempuan, bukan hanya Pekerjaan Rumah (PR) bagi pemerintah, tetapi juga seluruh masyarakat. Dari sisi pemerintah, langkah yang diambil adalah dengan membuat kebijakan yang sensitif gender.

“Sebuah bangsa akan memiliki ketahanan yang tinggi bila kesetaraan gender terjaga dengan baik, dan perempuan mendapat dukungan yang layak termasuk untuk bekerja,” tegasnya. (KEMENKEU/TPP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here