Pendekatan Jepang dalam Kampanye Pencarian Sukarelawan Berbasis Ponsel Pintar Dimulai di Stasiun Osaka

0
89

TOKYO, presidentpost.id – ArigatoGuide, proyek pencarian sukarelawan (volunteer-matching) yang didukung Dai Nippon Printing Co., Ltd., West Japan Railway Company dan Mirairo Inc. – mendapat kehormatan untuk menjalankan uji lapangan di Stasiun JR Osaka dari 3-31 Agustus. Proyek ini menghubungkan berbagai orang yang berkebutuhan khusus (pengguna kursi roda, orang tua yang menggunakan kereta dorong bagi bayi, penduduk lansia, wisatawan asing atau berbagai orang yang belum mengenal stasiun Osaka) dengan para pemberi bantuan (sukarelawan). Uji lapangan ini memanfaatkan LINE, sebagai perangkat komunikasi dan LINE Beacon untuk melacak lokasi agar dapat menemukan para pemberi bantuan dengan orang-orang yang membutuhkan bantuan.

Menyambut Olimpiade 2020 Tokyo, lebih banyak infrastruktur yang dibutuhkan guna mendukung lonjakan jumlah wisatawan asing. Proyek #ArigatoGuide diharapkan meringankan tugas para pekerja stasiun kereta api dan waktu tunggu di pusat informasi wisatawan dengan menggunakan tenaga dari sukarelawan setempat.

Jadwal Uji Lapangan10 pagi-8 malam, Jumat, 3 Agustus – Jumat, 31 Agustus
LokasiTempat Kumpul di Stasiun JR Osaka
(Di Sekitar Titik Kumpul Pusat, Pintu Keluar Midosuji Sebelah Selatan, Pintu Keluar Sakurabashi)

1.  Mendaftar di akun ‘&HAND’

Bagi yang sepakat dengan tujuan uji lapangan ini dan ingin berpartisipasi, silahkan menambahkan akun ‘&HAND’ sebagai teman di LINE. Ketika menambahkannya, Anda dapat memilih status “yang membutuhkan bantuan” (side that needs help) atau “pemberi bantuan” (supporter side) lalu mendaftarkan diri.

2. Mencocokkan para pemberi bantuan dengan permintaan bantuan

Ketika seseorang yang telah menambahkan akun LINE ‘&HAND’ mengetik lokasi tertentu di Stasiun JR Osaka, pesan akan terkirim secara otomatis dari akun &HAND untuk memberi tahu pengguna bahwa mereka telah memasukkan lokasi yang dituju dari chatbot LINE. Mereka yang membutuhkan bantuan dapat meminta bantuan dan para pemberi bantuan di lokasi yang sama akan membantu permintaan tersebut lewat LINE. Fitur chatbot juga akan mengirimkan jenis bantuan yang dibutuhkan sambil memandu para pemberi bantuan ke lokasi orang yang membutuhkan bantuan. Fitur chatbot menggunakan bahasa Jepang dan Inggris sehingga dapat dipakai baik bagi pengunjung setempat dan asing di Jepang.

Tentang ‘&HAND’

&HAND memakai LINE, dan aplikasi lain untuk menghubungkan orang yang berkebutuhan khusus secara fisik dan mental dengan orang-orang yang ingin membantu. Orang yang membutuhkan bantuan membawa perangkat Beacon yang praktis dan ketika mereka mengaktifkannya, sebuah pesan akan terkirim oleh LINE kepada pemberi bantuan (orang yang ingin membantu) yang berada di dekatnya. Mereka dapat memberi tahu situasi orang yang membutuhkan bantuan lewat chatbot dan mengambil tindakan nyata. Pada Desember 2017, uji lapangan ‘Smart Maternity Mark’ yang perdana untuk memberikan kursi angkutan umum kepada wanita hamil, dijalankan. Ada 11.304 peserta dan tingkat pemberian kursi tercatat sebesar 86% selama uji lapangan berlangsung (PRN/TPP).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here