Pertamina Dukung Program Siswa Mengenal Nusantara 2018

0
217
pertamina.com

JAKARTA, presidentpost.id – Pertamina kembali berkontribusi dalam program Siswa mengenal Nusantara yang digagas Kementerian BUMN. Tahun ini,  Pertamina menjadi perusahaan pembina pelajar dari provinsi  Papua yang akan belajar budaya Aceh di serambi Mekkah tersebut. BUMN ini bertanggung jawab penuh terhadap 32 siswa dan 3 guru pendamping selama mereka berada di Aceh. Selain itu, Pertamina juga bertanggung jawab untuk menerima pelajar Aceh yang akan belajar budaya Papua selama di bumi Cendrawasih.

Menteri BUMN Rini Soemarno resmi melepas para peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2018, di di Vertical Garden, Telkom Landmark Tower Jakarta, pada Jumat (10/8/2018). Para siswa didatangkan dari enam Provinsi di Indonesia, yaitu Provinsi DKI Jakarta, Aceh, Bangka Belitung, Kalimantan Utara,  Sulawesi Tengah, dan Papua. Pada kesempatan ini juga turut hadir Direktur Logistik, Supply Chain dan Infrastruktur PT Pertamina (Persero) Gandhi Sriwidodo.

Rini Soemarno mengatakan,  program yang diadakan sejak 2015 ini bertujuan untuk memberikan informasi serta wawasan kepada anak Indonesia terkait budaya Indonesia. Para siswa akan melakukan pertukaran pelajar ke provinsi lain untuk belajar mengenai budaya dan adat istiadat provinsi lainnya.

“Indonesia itu begitu besar dan begitu kaya. Banyak generasi muda yang tidak tahu budaya Indonesia yang begitu banyaknya. Indonesia dengan 17.000 pulau dengan beragam budaya yang harus kita jaga dan lestarikan. Saya harap adik-adik bisa menjaga keutuhan NKRI dengan adanya kegiatan ini,” ujar Rini.

Sementara itu, Gandhi Sriwidodo menegaskan, keterlibatan Pertamina dalam program SMN merupakan bagian dari kepedulian perusahaan dalam menggali potensi generasi muda. “Saat ini, kita perlu memupuk rasa kebanggaan atas tanah air melalui kekayaan budaya Indonesia. Program SMN menjadi salah satu sarana bagi anak-anak Indonesia untuk secara langsung terlibat dalam budaya yang berbeda dari kesehariannya, sehingga sepulangnya dari program ini diharapkan anak-anak makin menghormati keragaman budaya Indonesia,” jelasnya.

Salah satu siswa asal Papua yang bersekolah di SMAN 1 Wamena Jevan Mabel mengungkapkan kebanggaannya karena dapat mengikuti kegiatan SMN 2018. Ia berterima kasih kepada Pertamina yang telah memberikan kesempatan kepada siswa Papua untuk turut ambil bagian.

“Saya sangat bangga. Tidak menyangka kalau saya bisa mengikuti program ini karena seleksi yang sangat ketat. Program ini membuat saya dan semua teman-teman memiliki wawasan tentang budaya Indonesia yang lainnya,” kata Jevan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here