Indonesia dan AS Siap Sambut 70 Tahun Hubungan Diplomatik dengan Kerja Sama Lebih Erat

0
177
Kemenlu.go.id

JAKARTA, Presidentpost.id РIndonesia dan Amerika Serikat siap merayakan peringatan hubungan diplomatik yang akan menginjak usia ke-70 pada tahun 2019. Kedua negara akan mempererat kerja sama di bidang politik dan keamanan, perdagangan, dan pertahanan di bawah kerangka Kemitraan Strategis yang disepakati tahun 2015.

Hal tersebut disampaikan dalam pertemuan Menteri Luar Negeri RI, Retno L.P. Marsudi, bersama dengan Menteri Luar Negeri AS, Michael R. Pompeo, di Jakarta (4/8).

Indonesia dan Amerika Serikat berbagi visi bersama untuk mempertahankan hubungan bilateral yang kuat sebagai landasan bagi kedua negara untuk meningkatkan kerja sama yang lebih seimbang dan menguntungkan di semua bidang.

Kedua Menteri juga sepakat bahwa kedua negara akan lebih dorong kerja sama perdagangan dan investasi di kawasan Indo-Pasifik, dengan keterlibatan utama di bidang ekonomi digital, keamanan energi dan infrastruktur. Menlu Retno menegaskan kembali pilar utama konsep Indo-Pasifik Indonesia, yaitu: mendorong inklusifitas, kebiasaan berdialog, dan menghormati hukum internasional.

Kedua Menteri juga bertukar pandangan tentang masalah Laut Cina Selatan, proses perdamaian di Semenanjung Korea dan Palestina. Mereka menyoroti pentingnya bagi Indonesia dan AS untuk saling menghormati dan bekerja sama dalam isu-isu yang memiliki kepentingan bersama di Dewan Keamanan PBB. Indonesia, sebagai anggota non-permanen yang baru terpilih, akan duduk di meja yang sama dengan AS di Dewan Keamanan PBB untuk periode 2019-2020.

Selama kunjungannya ke Indonesia, Menteri Pompeo juga melakukan kunjungan kehormatan ke Presiden Joko Widodo keesokan harinya (5/8). (KEMENLU/TPP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here