Pembangunan Jalur Dwi Ganda Stasiun Manggarai Selesai Tahun 2020

0
227
kompas.com

JAKARTA, presidentpost.id – Kepala humas Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta dan Banten, Kementerian Perhubungan Samsuri mengatakan, pembangunan proyek double double track (DDT) atau dwi ganda dari Stasiun Manggarai-Jatinegara-Cikarang sepanjang 35 kilometer ditargetkan selesai tahun 2020.

“Secara keseluruhan kami targetkan selesai tahun 2020,” ujar Samsuri kepada Kompas.com, Rabu (15/8/2018).

Samsuri menjelaskan, pembangunan DDT bertujuan untuk memisahkan jalur kereta api jarak jauh, KRL, dan kereta bandara di Stasiun Manggarai.

Di Stasiun Manggarai akan dibangun tiga lantai di mana pada lantai 1 merupakan jalur KA lintas Bekasi yang memiliki 4 jalur, dan kereta bandara 4 jalur dengan panjang peron untuk 12 stamformasi kereta.

Sementara di lantai 2 akan ada layanan penumpang dengan luas lantai kurang lebih 9.108 meter persegi dengan kapasitas penumpang sekitar 17.800 orang. Fasilitas ini dilengkapi lift dan eskalator.

Di lantai 3 akan dibangun jalur KA utama (mainline) 6 jalur dan Bogor line 4 jalur dan panjang peron untuk 12 stamformasi kereta.

“Pemisahan jalur ini bisa mengurangi risiko kereta api datang terlambat karena terhambat atau menunggu kereta lainnya,” kata Samsuri.

“Biasanya KRL Bogor mau masuk jalur 6 atau 7 tapi masih menunggu kereta jarak jauh masuk terlebih dahulu. Itu membuat kedatangan KRL Bogor terlambat,” tutur Samsuri.

Dampak dari pembangunan tersebut adalah layanan kereta rel listrik (KRL) rute Bogor dan kereta api bandara di Stasiun Manggarai dipindahkan ke jalur 8, 9, dan 10. Perpindahan tersebut mengakibatkan keterlambatan perjalanan kereta 5 hingga 10 menit.

“Kami lakukan sosialisasi kepada publik, secara umum masyarakat memahami adanya pembangunan fasilitas di Stasiun Manggarai tersebut,” jelas Samsuri.

Perintah melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian bekerjasama dengan operator PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) telah memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait dampak dari proyek pembangunan DDT.

Oleh karena itu, ia berharap masyarakat memaklumi keadaan tersebut dan menyesuaikan jadwal keberangkatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here