Penyusunan Master Plan Smart City Kabupaten Pati, Diskominfo Adakan Bimtek

0
308
foto: jatengprov.go.id

PATI, presidentpost.id – Dalam upaya penyempurnaan penyusunan Master Plan Smart City Kabupaten Pati, Pemerintah Kabupaten Pati melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pati mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan/Review Master Plan Smart City dan Quick Win Program Tahap II di Ruang Kembang Joyo, Selasa  (28 Agustus 2018). Pelaksanaan acara ini berlangsung selama 2 hari hingga 29 Agustus 2018.

Hadir dalam kesempatan tersebut   Sita Laksmi sebagai nara sumber dari Kementerian Kominfo RI, Sekda Kabupaten Pati Suharyono, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pati bersama dengan rekan-rekan Dewan Smart  City Kabupaten Pati.

Bimtek dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Pati, yang dalam sambutannya mengatakan bahwa terpilihnya Kabupaten Pati dalam gerakan ini merupakan sebuah kebanggaan, sekaligus motivasi untuk terus bekerja secara professional. Smart City tidak bisa dijalankan oleh sektor-sektor tertentu saja, melainkan harus didukung oleh seluruh OPD dengan koordinasi dan sinergi antar sektor. Suharyono juga memberikan beberapa contoh Kabupaten/Kota yang berhasil menata Kotanya dengan konsep Smart City, antara lain Kota Bandung, Kota Surabaya,  Kota Semarang dan Kabupaten Banyuwangi, yang telah berhasil menerapkan konsep Smart City dengan mengusung potensi dan kekhasan masing-masing.

Sementara itu Indriyanto mengatakan  bahwa bimtek ini bertujuan untuk memahami konsep dari Smart City dan mampu memberi ide dan usulan untuk pembangunan Smart CitySmart City merupakan kombinasi antara teknologi baru dan pola pikir, butuh kerjasama dari seluruh OPD untuk menjadikan Kabupaten Pati sebagai salah satu Smart City.

Tujuan bimtek adalah menyusun masterplan Smart City dan penentuan Quick win Kabupaten Pati. Masterplan Smart City adalah dokumen Smart City yang digunakan sebagai panduan pengembangan Smart City. Sedangkan program Quick win adalah program yang ditetapkan oleh Pemerintah Daerah agar dampak dari implementasi smart city segera dapat dilaksanakan oleh masyarakat. (JATENGPROV/TPP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here