Kepulangan 108 Jamaah Haji Asal Pekalongan Disambut Suka Cita

0
67
foto: jatengprov.go.id

PEKALONGAN, presidentpost.id – Senyuman hangat bersama pelukan menyambut kepulangan 108 jamaah haji asal Kota Pekalongan. Rombongan tiga bus dari kloter delapan ini disambut dengan suka cita di halaman kantor Sekretariat Daerah Kota Pekalongan. Sebelum kembali ke rumah masing-masing, jamaah diajak untuk doa bersama Pelaksana Tugas Kabag Kesejahteraan Masyarakat Setda (Kesra) Kota Pekalongan, Muhammad Sahlan SH MM.

 Rasa syukur diujarkan Sahlan atas kembalinya jamaah haji tahun 2018 ini dengan selamat ke tanah air. Disampaikan bahwa sebanyak 108 kembali dalam keadaan sehat, meskipun di sana sempat terjadi hujan badai tapi jamaah bisa melaluinya. “Hari ini kloter yang ketiga besok akan pulang dan kami sambut kembali untuk kloter selanjutnya, Jumat (31/8) pukul satu siang,” ungkap Sahlan.

 Tenaga Kesehatan Haji Daerah (TKHD) dari Puskesmas Medono, Winarsih menyampaikan bahwa rombongan sebanyak 359 orang, 108 di Kota Pekalongan, dan 251 di Kabupaten Pekalongan. “Ada 7 orang yang mendampingi jamaah yakni dari Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) sebanyak 1 orang, Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) sebanyak 3 orang, Tim Pembimbing Haji Indonesia (TPHI) sejumlah 1 orang, dan Tenaga Kesehatan Haji Daerah (TKHD) sejumlah 2 orang,” paparnya.

 Winarsih bersyukur dapat kembali dengan selamat, keinginan untuk berangkat kembali selalu ada. Tahun ini ia tak hanya beribadah haji tapi juga turut membantu mengurus kesehatan jamaah. “Suhu yang jauh berbeda dengan di Kota Pekalongan tentu membuat daya tahan tubuh menurun, jamaah dari Kota Pekalongan hanya mengalami batuk dan pilek, selain itu karena banyaknya berjalan kaki yang dialami hanya kelelahan,” katanya.

 Sembari menunggu keluarga, Winarsih menceritakan bahwa rombongannya terbang dari Jeddah pukul setengah satu, sampai di Solo Kamis (30/8) pukul setengah 6 pagi, dan sampai di Kota Pekalongan pukul dua siang.

 “Alhamdulillah bisa ke sana, perjalanan berjalan dengan lancar, haji bisa khusyuk, dan kembali dengan selamat,” kesan Winarsih. (JATENGPROV/TPP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here