Bupati Magelang Apresiasi Kirab Budaya Desa Kalirejo

0
294
Foto: jatengprov.go.id

MAGELANG, presidentpost.id – Masih dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 73 RI, ratusan Warga Desa Kalijero, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah menggelar kirab budaya untuk meneguhkan Desa Kalirejo menjadi Desa Inspirasi, Minggu (02/09).

Bupati Magelang, Zaenal Arifin, sangat mengapresiasi kegiatan kirab budaya Desa Kalirejo. Dalam kesempatan ini, pihaknya juga berkomitmen memperbaiki insfrastruktur jalan di wilayah tersebut.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Magelang, saya sangat mengapresiasi kepada Kepala Desa Kalirejo yang telah meneguhkan Desa Kalirejo menjadi Desa Inspirasi. Insya Allah tahun depan perbaikan serta pembangunan infrastruktur di Desa Kalirejo dapat terealisasi,” ungkap Zaenal di sela karnaval.

Dalam kesempatan yang sama, Zaenal juga memerintahkan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Magelang untuk memperhatikan obyek pariwisata di wilayah Desa Kalirejo.

“Maka secara khusus saya perintahkan Dinas Lingkungan Hidup untuk bagaimana merawat sumber-sumber mata air yang ada di wilayah Desa Kalirejo, utamanya di obyek wisata Kedung Kopong dan Curug Minong,” lanjutnya.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Kalirejo, Agus Prasetya mengungkapkan, digelarnya kirab budaya di Desa Kalirejo tersebut dalam rangka menyemarakan HUT ke-73 RI. Di samping itu juga bertujuan mengangkat kebudayaan di Kabupaten Magelang.

“Kirab budaya ini diikuti oleh 10 Dusun yang ada di Desa Kalijero. Kami berharap, melalui kegiatan kirab budaya ini dapat menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap kebudayaan di Kabupaten Magelang. Selain itu, juga menambah kecintaan masyarakat terhadap bangsa dan negara Indonesia,” kata Agus.

Ratusan warga Desa Kalirejo tampak antusias berpartisipasi menampilkan kirab budaya dari masing-masing dusun, diantaranya Dusun Kobar, Kalipucung Tengah, Karangwetan, Karangkulon, Brodan, dan Sabrang.

Sejumlah kesenian dan budaya ditampilkan masyarakat dalam kirab budaya tersebut, yakni tari topeng ireng, arak-arakan gunungan, dan pentas kubro.

“Cita-cita kami ingin meneguhkan Desa Kalirejo menjadi Desa Inspirasi bagi masyarakat,” tutup Agus. (JATENGPROV/TPP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here