Gigih Prakoso : Petrochemical Jadi Peluang Bisnis Pertamina

0
230
pertamina.com

JAKARTA, presidentpost.id – Fungsi Quality, System & Knowledge Management Pertamina kembali mengadakan acara Ngopi Bareng Komet (Ngobrol Pintar Bareng Knowledge Management). Kali ini, Direktur Perencanaan Investasi dan Manajmen Risiko (PIMR) Gigih Prakoso didaulat menjadi pembicara dengan topik Shaping The Future of Pertamina.

Dalam acara yang diadakan di Lantai M, Kantor Pusat Pertamina ini, Gigih Prakoso menyampaikan insan Pertamina harus memahami karakteristik perusahaan migas. Menurutnya, dengan mengetahui karakteristik tersebut, insan Pertamina akan semakin paham akan arah dan bentuk perusahaan ke depannya.

“Lima karakteristik perusahaan yang harus kita sama-sama pahami, yaitu very high risk, very capital intensive, high technological exposure, very long-term horizon dan very limited & concentrade. Dengan memahami hal tersebut Pertamina akan terus semakin berkembang dan mempunyai tujuan yang jelas,” ungkap Gigih.

Gigih mengakui, seperti juga perusahaan migas lainnya di dunia, Pertamina masih sangat bergantung dengan harga yang dikendalikan oleh pasar. Semua produk yang dihasilkan Pertamina merupakan barang komoditi yang harganya mengikuti harga global atau harga yang dikendalikan pasar dunia.

Menyikapi hal tersebut Gigih mengatakan bahwa sudah saatnya Pertamina mempunyai produk yang mampu mengendalikan harganya sendiri serta pelaku usahanya yang masih sedikit. “Ke depannya kita harus keluar dari zona tersebut. Saat ini kita jalani yang sudah ada. Ke depannya kita harus melihat peluang bisnis yang masih sedikit pelaku usahanya namun pasarnya ada,” ungkapnya.

Menurut Gigih, Petrochemical menjadi peluang bisnis yang menjanjikan untuk Pertamina.

“Petrochemical merupakan produk turunan dari pengolahan minyak bumi. Kita bisa hasilkan produksi tersebut dan bisa kita pasarkan dengan harga yang bisa kita kendalikan. Inilah peluang bisnis yang harus diambil oleh Pertamina, mengingat produksi petrochemical mempunyai margin keuntungan yang sangat bagus,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here