Pengukuhan dan Sosialisasi Generasi Wonderful Indonesia (GenWI) Filipina

0
35
kemlu.go.id
MANILA, Presidentpost.id – Kementrian Pariwisata RI yang diwakili oleh Staff Khusus Menpar Bidang Komunikasi dan Media, Don Kardono telah mengukuhkan Generasi Wonderful Indonesia (GenWI) Filipina pada tanggal 9 September 2018 di Silang, Cavite. Acara sosialisasi dan pengukuhan GenWI Filipina dibuka dengan sambutan dari Ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Filipina, Hezron Sihombing dan kemudian disambung dengan sambutan dari KBRI Manila.
Dalam paparannya, Don Kardono menjelaskan bahwa GenWI adalah netizen anak-anak muda Indonesia yang berada di mancanegara dan memiliki passion serta komitmen untuk mempromosikan pariwisata Indonesia melalui media sosial dengan brand “Wonderful Indonesia”. GenWI terdiri dari PPI, diaspora Indonesia, dan komunitas pecinta Indonesia. Latar belakang dibentuknya GenWI oleh Kemenpar adalah untuk membangun persepsi publik akan pariwisata Indonesia, yang pada masa kini utamanya persepsi dibentuk melalui media digital.
Presiden RI telah menetapkan pariwisata sebagai leading sector pada tahun 2015, dan menginstruksikan agar seluruh Kementrian lainnya memberi dukungan. Pariwisata juga merupakan sektor unggulan kedua dalam Rencana Kerja Pemerintah Tahun 2018. Performa pariwisata Indonesia antara lain pada tahun 2016 WI mendapat 46 penghargaan di 22 negara; pada tahun 2017 WI mendapat 27 penghargaan di 13 negara; serta Indonesia telah meraih penghargaan destination of the year 2017. WI juga meraih peringkat ke-47 tourism country branding dari 144 negara. Kemudian WI juga menerima penghargaan brand of the year 2018.
Wisatawan mancanegara (wisman) terbanyak yang berkunjung ke Indonesia pada tahun 2017 berasal dari Tiongkok, Singapura, Malaysia, Australia dan Jepang. Sementara Wisman Filipina yang berkunjung ke Indonesia hanya berjumlah sekitar 162.000 orang, jauh di bawah total wisman yaitu sekitar 14 juta orang. Hal tersebut merupakan salah satu pemicu bagi GenWI untuk giat mempromosikan pariwisata Indonesia di berbagai media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, Blog, dan media online lainnya. GenWI juga diharapkan memahami profil pasar wisman Filipina, yang dapat diperoleh dari dashboard competitor yang dimiliki oleh Kemenpar. Dalam mempromosikan pariwisata Indonesia, GenWI juga dapat memperoleh konten dari Generasi Pesona Indonesia (GenPI) yang berlokasi di Indonesia.
Adapun susunan kepengurusan Generasi Wonderful Indonesia (GenWI) Filipina adalah mahasiswa/I PPI Filipina yaitu:
– Ketua                          : Muhammad Rahmat Ramadhan
– Sekretaris                    : I Wayan Antariksawan
– Bendahara                   : Ulitha Melda Sari Pane
– Komite Luzon Norte     : Muhammad Akbar
– Komite Metro Manila    : Valentina Dwi Hartati Tambunan
– Komite Luzon Sur        : Garardus Ananta Banyu​(KEMLU/TPP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here