Di Laos Meriahnya Resepsi Diplomatik HUT RI ke-73

0
285
kemlu.go.id

LAOS, Presidentpost.id – ​KBRI Vientiane pada tanggal 14 September 2018 telah menyelenggarakan resepsi diplomatik guna memperingati HUT RI ke-73 di Hotel Lao Plaza Vientiane Laos. Presiden Lao Women Union dan Wakil Menteri Luar Negeri Laos hadir sebagai tamu kehormatan pada kegiatan tersebut. Pada kesempatan itu, hadir pula para pejabat pemerintahan Laos, duta besar negara sahabat, perwakilan organisasi internasional, masyarakat Indonesia serta Friends of Indonesia (FoI).

Duta Besar RI untuk Laos, R.P. Pratito Soeharyo, dalam sambutannya menyampaikan bahwa sepanjang 73 tahun usia negara Indonesia dan 61 tahun hubungan bilateral Indonesia-Laos sejak dimulai tahun 1957, terdapat banyak kemajuan yang dicapai selama ini, namun demikian masih terdapat ruang pengembangan lebih lanjut, khususnya di sektor ekonomi.

Lebih lanjut, Dubes RI menyampaikan bahwa Indonesia berkomitmen untuk meningkatkan nilai perdagangan dan investasi di luar negeri, termasuk di Laos, yang akan memberikan manfaat bagi kedua negara dan dapat meningkatkan neraca perdagangan dan ekonomi bilateral.

Dubes RI menyampaikan terima kasih atas dukungan seluruh negara Asia atas suksesnya penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang beberapa waktu lalu dan Asian Para Games ke-3 tanggal 8-16 Oktober 2018 di Jakarta. Selama Asian Games, atlet Laos berhasil mendapatkan 2 medali perak dan 3 medali perunggu.

Guna menyemarakkan acara, terdapat pertunjukan musik yang dibawakan oleh musisi Ladores Band yang membawa sejumlah lagu Indonesia dan Laos; Tari Pendet, dan Tari Poco Poco yang mampu menghangatkan suasana malam itu dimana para tamu undangan dapat berjoget bersama. Pada malam itu, KBRI Vientiane juga membuka kotak sumbangan yang akan diberikan kepada korban gempa Lombok dan bencana banjir besar di Provinsi Attapeu Laos beberapa waktu lalu.

Untuk memperingati HUT RI ke-73 di Laos, KBRI Vientiane juga telah dan akan menyelenggarakan sejumlah kegiatan lainnya, antara lain: a) Lomba Bahasa Indonesia dengan peserta yang berasal dari masyarakat Laos, b) kunjungan pengenalan wisata (familiarization trip) bagi kalangan media dan sosial media Laos ke tempat wisata di Jakarta, Bali dan Yogyakarta pada tanggal 16-23 Agustus 2018, dan c) penyelenggaraan Wonderful Indonesia in Vientiane pada tanggal 22 September 2018 mendatang.

Wonderful Indonesia in Vientiane tersebut akan diikuti oleh sejumlah musisi dan seniman dari Indonesia antara lain Dwiki Darmawan, Ita Purnamasari dan lainnya yang akan berkolaborasi dengan musisi dan seniman dari Laos. Kegiatan tersebut akan diadakan di National Cultural Hall yang gedung pertunjukan kesenian terbesar di Laos dan diperkirakan akan dihadiri oleh lebih dari 1.500 orang tamu.(KEMLU/TPP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here