Di Guinea-Conakry KBRI Dakar Sosialisasikan Pemilu 2019

0
329
kemlu.go.id

DAKAR, Presidentpost.id – Pemilihan Umum di Indonesia akan berlangsung dalam hitungan bulan. Seluruh masyarakat Indonesia dibuat tidak sabar untuk bersama-sama merayakan pesta demokrasi terbesar tersebut. Tidak hanya warga Indonesia yang berada di ibu pertiwi, WNI di luar negeri juga diajak untuk berpartisipasi, seperti para WNI yang sedang berada di Afrika saat ini.

Untuk itu, Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) KBRI Dakar melakukan Sosialisasi Pemilu 2019 dan Warung Konsuler di Guinea-Conakry tanggal 15 September 2018 yang dihadiri oleh 15 orang perwakilan pekerja WNI yang bekerja di perusahaan Winning Group yang bergerak di bidang tambang fosfat.

Saat ini terdapat kurang lebih 500 pekerja Indonesia bekerja di Winning Group di Guinea-Conakry yang bekerja dengan sistem rolling pekerja dan turnover yang sangat tinggi. Diperkirakan pada tahun 2019 jumlah pekerja Indonesia di Winning Group akan berjumlah 600 orang.

Di sela-sela kegiatan sosialisasi, Lutfi Jatmika, Kepala Protokol dan Konsuler KBRI Dakar, menyampaikan kepada WNI yang hadir untuk dapat berpartisipasi menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu bulan April 2019 mendatang.

“Pemilu 2019 merupakan tonggak yang penting dalam sejarah demokrasi Indonesia karena untuk pertama kalinya pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, Anggota DPR, Anggota DPD, Anggota DPD Provinsi, Anggota DPRD Kabupaten/kota, dilakukan secara serentak. Hal ini harus diketahui oleh masyarakat kita di Guinea-Conakry.” ujar Lutfi.

Selain menyampaikan materi sosialisasi, tim PPLN KBRI Dakar juga menginformasikan sistem lapor diri secara online melalui http://peduliwni.kemlu.go.id. Diharapkan dengan platform baru tersebut, WNI  dapat lebih mudah melaporkan keberadaannya saat di luar negeri.(KEMLU/TPP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here