SWIFT Sediakan Deteksi kesalahan Pesan Pembayaran dan Transparansi Biaya

0
166
(PRN/TPP)

JAKARTA, presidentpost  SWIFT akan memperkenalkan layanan validasi awal yang memungkinkan pelanggan untuk mendeteksi serta menyelesaikan masalah yang memperlambat pesan pembayaran sebelum dikirimkan, serta memungkinkan bank untuk memberikan transparansi biaya di awal kepada nasabah mereka.

Lebih dari 50% pembayaran gpi SWIFT dikreditkan kepada penerima kurang dari 30 menit, dan banyak yang hanya dalam hitungan detik. Bagian signifikan dari pesan yang tersisa mengalami keterlambatan karena adanya kesalahan dalam data pembayaran, seperti informasi penerima yang salah atau tidak lengkap, dan data peraturan yang tidak mencukupi.

Menggunakan analisis prediktif, AI, dan API yang aman, kemampuan gpi baru ini akan memvalidasi pesan terlebih dulu, mengidentifikasi, dan menandai potensi masalah di awal untuk mengurangi waktu tunda, penolakan, dan pengembalian pesan pembayaran yang salah. Nasabah akan mendapat kepastian yang lebih baik serta pengalaman yang lancar dari awal hingga akhir. Dengan verifikasi terlebih dahulu kepada bank penerima oleh pihak originator pembayaran, hal ini memastikan bahwa rekening penerima akan dapat menerima pembayaran.

Diskusi dengan sejumlah bank untuk menyukseskan layanan pra-validasi, serta penyediaan transparansi biaya di awal, sesuai dengan rute pesan pembayaran, sudah dilangsungkan. Dengan begitu, originator dan penerima pembayaran dapat sepenuhnya mengetahui prediksi dan transparansi biaya, rute, dan perkiraan waktu penerimaan uang.

Ketika mengumumkan konsep tersebut, SWIFT CEO, Gottfried Leibbrandt, berkata:“Dalam komunitas gpi yang berkembang dengan pesat, ada permintaan yang tinggi akan transparansi lebih lanjut dan kemampuan untuk mengatasi berbagai masalah sebelum pembayaran dilakukan, sehingga prosesnya dapat diprediksi dan dilakukan seefisien mungkin. Fitur baru yang menarik ini akan membantu memenuhi kebutuhan tersebut dan memberikan kepastian kepada nasabah saat mengirimkan pesan pembayaran.”

Harry Newman, Head of Banking at SWIFT, mengatakan: “Meski proses persetujuan peraturan dan kontrol mata uang akan selalu menyebabkan sedikit keterlambatan dalam proses pembayaran, banyak alur pembayaran dapat dipercepat dengan memastikan di awal bahwa informasi yang diberikan sudah benar – informasi penerima yang tidak valid merupakan penyebab utama adanya penolakan atau pengembalian pembayaran. Menghilangkan kesalahan serta hambatan yang dapat dideteksi dan dicegah ini dapat membuat pembayaran internasional semakin efisien.”

Hingga kini, lebih dari 220 lembaga keuangan di seluruh dunia telah mendaftar untuk gpi SWIFT, dengan lebih dari USD 100 miliar pembayaran gpi dikirimkan setiap harinya ke 600+ koridor pembayaran internasional – mewakili lebih dari sepertiga pembayaran SWIFT.

Tentang gpi

Inovasi pembayaran global SWIFT (SWIFT gpi) adalah perubahan terbesar dalam pembayaran lintas negara selama lebih dari 30 tahun dan merupakan standar baru. SWIFT gpi secara dramatis meningkatkan pengalaman pelanggan dalam pembayaran lintas negara dengan meningkatkan kecepatan, transparansi, serta pelacakan end-to-end. Ratusan hingga ribuan pembayaran lintas negara kini dikirimkan menggunakan standar gpi baru, dan pembayaran dilakukan dengan cepat, umumnya dalam hitungan menit, bahkan detik.

SWIFT gpi memungkinkan perusahaan menerima layanan pembayaran yang semakin ditingkatkan, dengan fitur-fitur utama berikut:

  • Penggunaan dana pada hari yang sama dan lebih cepat, dalam zona waktu anggota gpi yang menerima dana
  • Transparansi biaya
  • Pelacakan pembayaran end-to-end
  • Informasi remitansi ditransfer tanpa pengubahan

Sebagai sebuah prakarsa, SWIFT gpi melibatkan industri perbankan global serta komunitas fintech untuk berinovasi dalam area pembayaran lintas negara, sekaligus mengurangi biaya back-office mereka. Sejak diluncurkan pada Januari 2017, gpi telah dengan pesat meningkatkan pengalaman pembayaran lintas negara untuk perusahaan di lebih dari 600 koridor negara. Fitur utama layanan gpi mencakup aturan bisnis yang semakin ditingkatkan dan database pelacakan yang aman di cloud, yang dapat diakses melalui API.

Berkat SWIFT gpi, perusahaan dapat mengembangkan bisnis internasional mereka, mempererat relasi dengan pemasok, dan memperoleh efisiensi aset yang lebih besar. Secara keseluruhan, hampir 50% dari pembayaran SWIFT gpi dibukukan kepada penerima akhir dalam waktu 30 menit, dan hampir 100% pembayaran dalam waktu 24 jam. Pembayaran yang memakan waktu lebih lama umumnya melibatkan konversi kurs, pemeriksaan kepatuhan, atau otorisasi peraturan yang lebih rumit.

Selain lebih dari 220 lembaga keuangan yang telah mengadopsi gpi, lebih dari 55 infrastruktur pasar pembayaran telah beralih ke pembayaran gpi, memungkinkan pelacakan serta pertukaran domestik. Infrastruktur pasar pembayaran memiliki peran penting dalam memfasilitasi pelacakan end-to-end pembayaran lintas negara, karena begitu pembayaran internasional mencapai negara tujuan, umumnya pembayaran menjalani kliring melalui infrastruktur pembayaran setempat.

Tentang SWIFT

SWIFT adalah perusahaan koperasi global milik anggota dan merupakan penyedia layanan olah pesan (messaging) keuangan aman yang terkemuka. Kami menghadirkan sebuah platform olah pesan dan standar komunikasi, dan kami menawarkan produk dan layanan untuk memfasilitasi akses dan integrasi, identifikasi, analisis, serta kepatuhan terhadap peraturan.

Platform olah pesan, produk dan layanan kami menghubungkan lebih dari 11.000 perusahaan perbankan dan sekuritas, infrastruktur pasar dan pelanggan korporat di lebih dari 200 negara dan wilayah. Meskipun SWIFT tidak menampung dana atau mengelola rekening atas nama pelanggan, kami memungkinkan komunitas pengguna global kami untuk berkomunikasi secara aman, bertukar pesan keuangan standar dengan cara yang andal, sehingga mendukung aliran keuangan lokal dan global, serta perdagangan dan perniagaan di seluruh dunia.

Sebagai penyedia layanan yang tepercaya, kami senantiasa mengupayakan keunggulan operasional; kami mendukung para pengguna dalam menangani ancaman siber; dan kami terus mencari cara untuk menurunkan biaya, mengurangi risiko dan meniadakan inefisiensi operasional. Produk dan layanan kami mendukung akses dan integrasi komunitas, inteligensi bisnis, data rujukan dan kebutuhan kepatuhan terkait kejahatan keuangan. SWIFT juga mempersatukan komunitas keuangan – di tingkat global, regional dan lokal – untuk membentuk praktik pasar, menetapkan standar dan membahas permasalahan yang menjadi keprihatinan atau kepentingan bersama. Rencana strategis lima tahun SWIFT, SWIFT2020, memacu SWIFT untuk terus berinvestasi dalam hal keamanan, keandalan, dan pertumbuhan platform olah pesan utamanya, sekaligus melakukan investasi tambahan pada layanan yang telah ada, serta mempersembahkan solusi-solusi baru yang inovatif.

Berkantor pusat di Belgia, tata kelola dan pengawasan internasional SWIFT menekankan karakter global yang netral dari struktur kooperasinya. Jaringan kantor global SWIFT memastikan keberadaan yang aktif di semua pusat keuangan utama.

SOURCE S.W.I.F.T.SCRL

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here