Ingin Jadi Pemanjat Handal ? Ini Syaratnya

0
137
(Ki-Ka) : Dwi Maryanto bersama Rajiah Salsabillah, dalam satu kesempatan.

JAKARTA, presidentpost.id – Olahraga panjat tebing, di mana olahraga ini cukup membuming baru-baru ini, setelah Indonesia menyumbang medali dari nomor sport climbing di ajang Asean Games 2018 yang lalu. Ada beberapa nama pemanjat tebing yang cukup fenomenal di nomor sport climbing, salah satunya Rajiah Salsabillah yang berhasil merebut medali emas dalam nomor estafet putri.

Pelatih Rajiah Salsabillah, Dwi Mariyanto, mengatakan syarat bagi seorang sport climbing tentu pastinya fisik yang memadai. Selain itu, latihan beban, menjaga psikologis, nutrisi dan menjaga asupan makanan, tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan seorang atlit sport climbing.

“Badan kalau untuk kecepatan sebenarnya tinggi idealnya sekitar 170cm. Kalau Rajiah tinggi badannya sekitar 160, tetapi dengan kekuatan ledakan kaki dari otot kaki dan otot tungkai dan otot tangan menutupi kekurangan tinggi badan. Dia mempunyai kelincahan dan gerak yang lebih baik dari orang-orang tinggi,” kata pria yang juga alumni Universitas Budi Luhur ini.

Lebih jauh, Maryanto, mengungkapkan untuk para atlet sport climbing latihan yang baik dapat dilakukan latihan terstruktur serta latihan yang terarah. Ini menjadi modal bagi para atlet yang tidak dapat ditawar-tawar.

“Waktu yang tepat yaitu ototnya dilatih, fisik dilatih baru bicara manjat. Jadi jalur, teknik itu mempengaruhi. Itu pasti jadi (jika sudah dijalankan),” ungkapnya.

Dia, menambahkan untuk asupan makanan, perlu diperhatikan secara kebutuhan. Di mana untuk persiapan umum daging rebus tanpa mecin dan telur menjadi makanan yang dianjurkan. Namun berbeda saat persiapan khusus. Makanan-makanan tersebut harus dilupakan oleh para atlet sport climbing.

“Otot mana lagi yang akan digunakan tentunya makan berubah lagi asupan dan pola makannya. Vitaminnya pun akan berubah. Saya berharap sport climbing menjadi olahraga unggulan. Jadi teman-teman yang baru mulai ayo kita berprestasi. Siapa bilangtemen-temen di bidang olahraga sport climbing masa depannya kurang. Rajiah menjadi contoh,” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here