Hadapi Pasar Global, Perkebunan Sawit Perlu Disertifikasi

0
144
unpad.ac.id

KARAWANG, presidentpost.id – Produksi biofuel berkelanjutan sangat diperlukan untuk memenuhi  kebutuhan energi terbarukan, salah satunya pada sektor transportasi di tahun 2020. Untuk itu, sertifikasi untuk perkebunan kelapa sawit  yang berkelanjutan dinilai penting untuk mendukung tercapainya hal tersebut.

Hal tersebut disampaikan Prof. Lena Partzsch dari University Freiburg, Jerman saat  memberikan kuliah umum yang berjudul “Global Standard for Palm Oil: Approach, Impact and Perpectives of Sustainability Certification” di Bale Sawala, Gedung Rektorat Unpad kampus Jatinangor, Senin (3/9).

Acara ini diikuti oleh sejumlah mahasiswa Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Unpad, mahasiswa Program Magister Manajemen Sumber Daya Hayati Unpad, dan peserta dari luar Unpad

Prof. Partzsch mengungkapkan bahwa Komisi Eropa telah menyetujui 16 skema sertifikasi, enam diantaranya skema sertifikasi untuk industri kelapa sawit di Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, Prof. Partzsch juga mengungkapkan bahwa dalam 16 tahun terakhir, ekspor minyak kelapa sawit Indonesia semakin berkembang. Pada tahun 2000, Indonesia mengekspor minyak kelapa sawit  ke beberapa negara seperti Belanda, Jerman, Cina, Spanyol, Inggris, dan India.

Sementara pada tahun 2016 tujuan ekspor Indonesia semakin meluas ke beberapa negara seperti Rusia, Korea, Pakistan, Bangladesh, Ukraina, Itali, Mesir, Amerika Serikat, Brazil, dan Afrika Selatan.

Manajer Riset, Pengabdian Kepada Masyarakat, Inovasi, dan Kerja sama yang sekaligus bertindak sebagai moderator acara Dr. rer. pol Ernah, SP., M.Si. mengungkapkan bahwa kuliah umum tersebut digelar dalam rangka penjajakan kerja sama antara University Freiburg Jerman dan Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran.

Dr. Ernah mengharapkan bahwa kuliah umum ini dapat bermanfaat dan  membuka wawasan  bagi peserta yang hadir.terkait pekebunan kelapa sawit yang  berkelanjutan. (UNPAD/TPP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here