Kartun Miliki Kesan Tersendiri Bagi Gubernur Jateng

0
184
foto: jatengprov.go.id

MAGELANG, presidentpost.id – Gambar kartun memiliki kesan tersendiri bagi Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo SH MIP. Bahkan, dia senang jika sosoknya dikartunkan.

Hal itu diungkapkan gubernur saat menghadiri Borobudur Cartoonist Forum Kedua tahun 2018 di Bumayasasta Boutique Art Gallery Desa Wanurejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Sabtu (22/9) malam. Menurutnya, kartun bisa menjadi medium komunikasi yang efektif terutama komunikasi sosial dan politik karena bisa langsung mengena dan memberikan inspirasi bagi pengambil kebijakan atau pejabat publik.

“Saya ini penyuka kartun, dan ternyata bisa melihat dahsyatnya kartun itu setelah jadi pejabat publik,” katanya.

Ganjar mengatakan gambar yang diciptakan para kartunis memiliki banyak konten. Misalnya, dalam bidang politik pemerintahan, bisa berisikan kritik maupun saran untuk pemerintah yang bisa langsung mengena, namun dikemas dalam nuansa jenaka. Menjelang tahun politik 2019, kartun-kartun lucu dan jenaka pun bisa mendinginkan panasnya kontestasi politik.

“Para kartunis menjadi dibutuhkan menjelang kontestasi kayak gini, ada pilkada, pilpres, dan pileg, karena bisa membikin lucu,” ujarnya.

Oleh karena, gubernur memedulikan perkembangan dunia kartun khususnya di Jawa Tengah. Kepeduliannya tersebut diwujudkan dengan membuat semacam etalase pameran kartun di Kantor Gubernur Jawa Tengah agar para tamu yang datang bisa melihat kartun-kartun tersebut. Poster-poster baliho kegiatan Pemprov Jateng juga banyak dibuat dengan desain kartun yang lucu dan menghibur.

“Kantor saya itu sudah saya pakai untuk etalase pameran termasuk kartun, sketsa, dan photo. Jadi kalau ada orang atau tamu datang dia tidak nanya, saya yang kasih tahu. Itu cara saya memopulerkan,” jelasnya.

Mantan anggota DPR RI ini juga mengajak para kartunis untuk menggelar pameran kartun di Kawasan Kota Lama. Di samping untuk lebih menghidupkan Kota Lama, pameran kartun ini juga akan bisa mengangkat nilai kartun di tengah-tengah masyarakat. Dia membayangkan ada pameran kartun yang diletakan di pinggir-pinggir jalan utama Kota Lama, agar nanti banyak pengunjung bisa melihat hasil karya para kartunis tersebut. (JATENGPROV/TPP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here