Rayakan Dies Natalis, FEB Unpad Fasilitasi Peluncuran Sejumlah Program Inovasi Digital

0
145
unpad.ac.id

KARAWANG, presidentpost.id – Sebagai puncak kegiatan Dies Natalis ke-61, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran menggelar Digital Innovation Summit dengan menghadirkan sekira 1.000 peserta yang bergerak di bidang ekosistem digital. Acara ini digelar di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35 Bandung, Jumat (21/9).

Dalam kesempatan tersebut, Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Tri Hanggono Achmad mengatakan bahwa berdasarkan kompleksitas permasalahan yang ada saat ini, dibutuhkan kemampuan transpreneurship, bukan hanya enterpreneurship. Menurut Rektor, saat ini sikap kebersamaan dan kolaborasi masih menjadi tantangan besar.

“Tidak cukup kita hanya memiliki kemampuan enterpreneurshipnya saja, tetapi keyakinan untuk mau menyadari bahwa kompleksitas yang ada ini harus didekati dari berbagai sisi,” ujar Rektor.

Sebagai bagian dari kegiatan tersebut juga dilaksanakan program “IndonesiaNEXT”, sebuah gelaran tahunan dari Telkomsel. Rektor mengatakan bahwa peningkatan kapasitas sumber daya manusia sangat diperlukan, bukan hanya dari dalam kampus, tetapi juga dari luar kampus. Untuk itu Rektor berharap para mahasiswa dapat memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin, dan turut mendiseminasikan apa yang diperoleh dari kegiatan ini.

“Menjadi berkah bagi kita kalau kalian mampu mendiseminasikan berbagai kebaikan yang kalian peroleh hari ini disini, diantara mahasiswa yang pertama, lebih-lebih kalau kalian mampu mendiseminasikan ini kepada seluruh generasi harapan bangsa di masa depan,” kata Rektor.

Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan sejumlah gelar wicara dengan menghadirkan para pembicara kompeten, diantaranya Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara.

Peluncuran 1000 Digital Talents Scholarship dan Pusat Studi Inovasi Digital FEB Unpad

Sebagai bagian dari kegiatan Digital Innovation Summit, dilakukan juga peluncuran 1000 Digital Talents Scholarship, yang digelar Kominfo bersama lima perguruan tinggi di Indonesia, yaitu Unpad, ITB, UI, ITS, dan UGM.

Terkait hal tersebut, dilakukan penandatangan Nota Kesepahaman antara Rektor Unpad dan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengenai Digital Talent Scholarship. Selain itu, dilakukan juga penandatangan Perjanjian Kerja Sama antara Kominfo dengan lima perguruan tinggi yang terlibat.

Dalam sambutannya, Rudiantara mengatakan bahwa selain pendidikan akademik, mahasiswa juga perlu meningkatkan kompetensi dan rekam jejaknya. Menghadapi industri 4.0, salah satu hal yang dipersiapkan adalah kompetensi sumber daya manusia. Program 1000 Digital Talents Scholarship merupakan salah satu program untuk mendukung hal tersebut.

Program pendidikan dilaksanakan selama dua bulan, dimana peserta akan mempelajari sejumlah materi terkait kompetensi yang dibutuhkan dalam menghadai revolusi industri 4.0. Silabus pun telah disiapkan dengan melibatkan sejumlah perusahaan teknologi besar saat ini.

unpad.ac.id

“Saya ucapkan terima kasih kepada lima perguruan tinggi yang menginisiasi tahun ini untuk 1000 (peserta), tahun depan Insyaallah 20.000,” ujar Rudiantara.Pada kesempatan tersebut juga dilakukan peluncuran Pusat Studi Inovasi Digital FEB Unpad. Melalui pusat studi ini, Dekan FEB Unpad Yudi Azis, S.Si., S.E., S.Sos., M.T., Ph.D. mengharapkan akan terjadi kolaborasi dengan berbagai pihak dalam menjawab tantangan industri 4.0.

Diungkapkan Yudi, saat ini FEB Unpad ingin membangun ekosistem digital, dimana semua elemen dapat bersinergi berdasarkan kekuatan masing-masing. Ekosistem ini pun diharapkan kedepannya dapat terus tumbuh dan berkelanjutan.

Terkait peringatan Dies Natalis FEB Unpad, Yudi mengungkapkan bahwa terdapat sejumlah rangkaian kegiatan. Pre-event berupa Digital Marketing Training pada 12-14 September 2018 yang diikuti oleh 500 peserta. Selanjutnya, pada 21 September 2018 juga digelar FEB Nite yang merupakan malam apresiasi bagi dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, dan alumni FEB Unpad. (UNPAD/TPP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here