Nissan Siap Tanam Fitur ‘Jalan Sendiri’ di Semua Mobilnya

0
110
foto : viva.co.id

JAKARTA, presidentpost.id – Untuk memasuki era mobil otonom alias bisa berjalan sendiri tanpa kendali pengemudi, Nissan telah menciptakan fitur propilot. Tetapi fitur tersebut saat ini hanya ada di model Serena terbaru. Itu pun masih model semi.

Di mana pada kecepatan tertentu pengemudi baru bisa melepas setir, pedal gas, dan rem.

Nissan juga sudah punya teknologi canggih berupa fitur parkir otomatis atau propilot parking. Tetapi, pabrikan asal Jepang itu baru membenamkannya pada model Leaf. Dengan teknologi itu, Leaf yang terlahir sebagai mobil listrik akan menggerakkan setir dan pedal gas secara otomatis apabila menemukan lahan parkir dalam bentuk paralel.

Menurut Corporate Vice President, Global Head of Marketing and Brand Startegy Nissan Motor Company Ltd., Roel de Vries, kendati saat ini baru membekali teknologi-teknologi anyarnya pada beberapa model, ke depan mereka berjanji akan memasarkannya secara global.

“Fitur propilot untuk mengemudi yang single line (bergerak sendiri di satu jalur) seperti Nissan Serena atau parkir otomatis seperti Nissan Leaf ideal untuk semua market. Kami sudah siap, tapi untuk Indonesia dan Thailand tergantung regulasinya,” ujarnya saat di Yokohama, Jepang, Selasa 25 September 2018.

Saat ditanya kemungkinan apakah Serena semi otomom dan Leaf akan masuk Indonesia atau tidak, hingga kini dirinya belum mengetahui secara pasti. Sebab hal ini berkaitan dengan regulasi dari pemerintah Indonesia seperti apa soal teknologi semi autonomus.

Menurutnya regulasi pemerintah dalam sebuah negara bisa menjadi masalah utama. Karena kebijakan masing-masing negara berbeda. Walau begitu, dia memastikan Nissan siap dengan penerapan teknologi propilot di semua model mobilnya.

“Kami siap 2020 menerapkan teknologi propilot yang single line ke semua mobil Nissan,” tuturnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here