Menteri Bappenas Jelaskan Rencana Indonesia 2045

0
512
Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas), Bambang PS Brodjonegoro (Kiri), menerima cinderamata saat menjadi pembicara di Financial Club Jakarta, yang diberikan secara langsung oleh Executive Advisory Governing Board Member of The Indonesian Council on World Affairs (ICWA), Harsya Denny Suryo (Kanan) seusai acara, membahas impian besar Bangsa Indonesia ke depan.

JAKARTA, presidentpost.id – Sebagai Negara besar yang terdiri dari ribuan pulau, Indonesia memiliki impian besar dalam merengkuh masa depan Negara untuk masyarakatnya. Pembesar-pembesar negeri ini, tentunya memiliki berbagai macam misi dengan tujuan akhir membangun Indonesia sebagai Negara yang kuat, baik dari segi perekonomian sampai dengan keamanan.

Dalam pertemuan  Towards Indonesia 2045, Impian Indonesia 2015-2085 diungkap oleh Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas), Bambang PS Brodjonegoro, dalam paparannya Pemerintah yang saat ini di Pimpin oleh Presiden Joko Widodo, memiliki 7 (tujuh) impian besar antara lain :

  1. Sumber Daya Manusia Indonesia yang kecerdasannya mengungguli bangsa-bangsa lain di dunia.
  2. Masyarakat Indonesia yang menjunjung tinggi pluralisme, berbudaya, religius dan menjunjung tinggi nilai-nilai etika.
  3. Indonesia menjadi pusat pendidikan, teknologi dan peradaban dunia.
  4. Masyarakat dan aparatur pemerintah yang bebas dari prilaku korupsi.
  5. Terbangunnya infrastruktur yang merata di seluruh Indonesia
  6. Indonesia menjadi Negara yang mandiri dan Negara yang paling berpengaruh di Asia Pasifik.
  7. Indonesia menjadi barometer pertumbuhan ekonomi dunia.

“Untuk mempercepat perwujudan visi Indonesia, Presiden Joko Widodo memulai dengan impian Indonesia dari tahun 2015-2085. Di mana populasi dunia menjadi 9,45 miliar (Asia 55%),” katanya, di Financial Club, Jakarta baru-baru ini.

Lebih jauh, Menteri Bambang, mengungkapkan pilar pembangunan Indonesia 2045 dari sisi pengembangan manusia dan penguasaan sains dan teknologi, meliputi akselerasi tidak memihak pendidikan bagi seluruh Warga Negara Indonesia (WNI). Peran Budaya dalam pembanguanan juga diprediksi meningkat secara baik. Peningkatan kontribusi sains dan teknologi dalam pembangunan, meningkatnya tingkat kesehatan dan kualitas hidup masyarakat dan reformasi tenaga kerja, seluruhnya akan positif bertumbuh.

“Dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan, Indonesia akan meningkatkan daya saing investasi dan ekonomi, akselerasi di industri dan pariwisata, pembangunan ekonomi maritim, keamanan pangan yang diperkuat dan perumus serta kesejahteraan, penguatan energi dan keamanan air, dan komitmen menuju lingkungan lebih baik,” paparnya.

Sementara itu, dalam pemerataan pembanguanan diambil kebijakan akselerasi pemberantasan poverty, peluang kesetaraan dan pemerataan pendapatan, pembangunan daerah yang adil dan pembangunan infrastruktur yang terintegrasi dan merata di seluruh penjuru nusantara.

“Di Bidang Ketahanan dan tata pemerintahan nasional, dilakukan demokrasi yang substansial, reformasi di seluruh kelembagaan dan birokrasi, meningkatnya sistem peradilan nasional dan anti korupsi, politik luar negeri yang bebas dan aktif serta politik luar negeri yang bebas dan aktif,” katanya.

Indonesia di tahun 2045, masih kata Menteri Bambang, menuju negara penghasilan tinggi dengan salah satu produk domestik bruto (PDB) tertinggi di dunia, harus melakukan berbagai macam hal. Salah satunya melihat dari scenario bisnis dasar akan mencapai 5,1% pertumbuhan PDB tahunan atau USD 19.794 PDB per kapita pada 2045. Bahkan angka ini akan membawa Indonesia mencapai peringkat ke delapan dunia untuk PDB.

“Pertumbuhan ekonomi dunia rendah atau krisis global yang memiliki pengaruh besar terhadap ekonomi nasional. Dalam scenario terbaik, Indonesia akan diprediksi mencapai pertumbuhan 5,7% Pertumbuhan PDB tahunan atau USD 23.199 PDB per kapita pada tahun 2045. Masuk dalam peringkat 7 dunia untuk GDP. Di mana reformasi struktural yang diimplementasikan dengan baik dan pertumbuhan ekonomi dunia relatif tinggi,” terangnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here