Musicool : Hydrocarbon Refrigerant Ramah Lingkungan

0
169
pertamina.com

JAKARTA, presidentpost.id – Refrigerant sintetik yang mengandung Chlorofluorocarbon (CFC) untuk mesin pendingin seperti lemari pendingin (kulkas) maupun Air Conditioner (AC)  banyak digunakan para pelaku industri. Padahal seperti diketahui, penggunaannya dalam jangka panjang membawa dampak buruk bagi bumi dan manusia karena menipisnya lapisan ozon.

Melihat besarnya dampak buruk penggunaan refrigerant tersebut, PT Pertamina (Persero) dengan giat mengampanyekan penggunaan produk pendingin ramah lingkungan yang diberi nama Musicool sebagai solusi cerdas pengganti refrigerant sintetik.

Menurut Assistant Manager Gas Product Application Marketing Pertamina Anna Dewi Lestari, bahan utama Musicool adalah hydrocarbon refrigerant  yang berfungsi sebagai sebagai pendingin di air conditioner (AC) dan lemari es. Hydrocarbon Refrigerant adalah gas cair yang dihasilkan dari perut bumi yang kemudian diolah untuk digunakan sebagai bahan pendingin.

“Sifatnya yang ramah lingkungan, hemat energi  dan hemat listrik merupakan keunggulan yang didapatkan dengan menggunakan produk ini. Selain itu, Musicool asli produk dalam negeri dan memenuhi persyaratan internasional (SNI),” ujar Anna kepada Energia di sela-sela pameran Musicool bertajuk The Largest Refrigeration & Climate Control Technology Exhibition in Southeast Asia di Hall D Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (26/9/2018).

Anna menambahkan, manfaat menggunakan produk ini antara lain kompresor menjadi lebih ringan, suara lebih halus, serta mampu menurunkan konsumsi energi sehingga menjadi lebih efisien.

“Musicool bisa memberikan benefit saving untuk pengeluaran tarif listrik karena hemat energi 15 hingga 20 persen. Sekarang Musicool banyak digunakan pada gedung perhotelan, rumah sakit dan perkantoran,” imbuh Anna.

Musicool juga bisa diaplikasikan di semua mesin pendingin, baik untuk peralatan rumah tangga, AC hingga kendaraan bermotor.

“Untuk mengganti dengan Musicool, teknisi biasanya melakukan assessment dulu terhadap peralatan yang akan diberikan Musicool. Kalau mesinnya tidak baik, kondisinya tidak baik, maka untuk menghindari kegagalan kinerja biasanya teknisi tidak merekomendasikan untuk diganti,” ujarnya.

Mengingat besarnya permintaan pasar, lanjutnya, Pertamina semakin memberi kemudahan bagi para pelanggan yang ingin menggunakan Musicool. Di antaranya konsumen bisa memesan melalui Contact Pertamina 1 500 000 ataupun melalui website resmi Musicool, yakni www.musicoolpromo.com.  “Di website musicool ada daftar seluruh teknisi, agen dan bengkel yang terdekat di wilayah konsumen karena agen kamis udah tersebar di seluruh Indonesia,” beber Anna.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here